Kunyah Permen Karet disebut Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Efektifkah?

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Kunyah Permen Karet disebut Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Efektifkah?
Seorang perempuan sedang makan permen karet. [shutterstock]

Banyak ulasan yang menyatakan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu menurunkan berat badan.

Suara.com - Ada anggapan bahwa mengunyah permen karet bisa menjadi penurun berat badan. Hal ini disebabkan karena mengunyah permen karet bisa membantu menontrol diri dari makan sembarangan dan mengencangkan otot wajah. 

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat mengunyah permen karet dalam membantu menurunkan berat badan, antara lain:

Menurunkan Rasa Ingin Makan

Tindakan mengunyah dapat mengurangi rasa lapar, membuat Anda merasa lebih kenyang dan membantu mengurangi rasa ingin ngemil. 

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Coba Tiga Kebiasaan Ini di Pagi Hari

Menurut sebuah studi, sebagian peserta yang diminta untuk mengunyah permen karet tanpa gula selama 30 menit setelah makan mengalami dampak positif. Pengunyah permen karet dilaporkan merasa lebih kenyang daripada non-pengunyah permen karet.

Membantu Mengurangi Asupan Kalori

Dalam sebuah penelitian, peserta yang mengunyah permen karet di antara jam sarapan dan makan siang tidak hanya merasa kurang lapar tetapi juga makan sekitar 68 kalori lebih sedikit saat makan siang.

Meski temuan penelitian ini tampak menjanjikan, perlu diingat bahwa pengurangan asupan kalori saat makan permen karet tergolong kecil. Selain itu, tidak jelas apakah makan permen karet mengakibatkan penurunan berat badan jangka panjang yang signifikan.

Membantu Membakar Kalori

Baca Juga: Menyusui Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Begini Prosesnya

Beberapa penelitian kecil menunjukkan bahwa tindakan mengunyah permen karet dapat membantu membakar beberapa kalori tambahan. Dalam satu penelitian kecil, peserta yang mengunyah permen karet sebelum dan sesudah sarapan membakar sekitar 3–5 persen lebih banyak kalori dalam 3 jam setelah makan. 

Ilustrasi permen karet. (Shutterstock)
Ilustrasi permen karet. (Shutterstock)

Dalam studi lain, mengunyah permen karet setelah makan meningkatkan jumlah kalori yang dibakar melalui pencernaan. Namun, peningkatan jumlah kalori yang dibakar tetap sangat kecil.

Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa mengunyah permen karet sambil berjalan dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini bisa meningkatkan detak jantung dan kecepatan berjalan yang kemungkinan dapat meningkatkan pembakaran lemak serta kalori.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS