alexametrics

Hindari Asam Lambung, Coba Lakukan Lima Kebiasaan Sehat Berikut

Cesar Uji Tawakal | Fita Nofiana
Hindari Asam Lambung, Coba Lakukan Lima Kebiasaan Sehat Berikut
Ilustrasi sakit asam lambung. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berikut lima kebiasaan sehat yang bisa mencegah asam lambung.

Suara.com - Refluks asam atau asam lambung adalah salah satu penyakit yang cukup umum. Kondisi ini bisa terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, baik secara fisik maupun mental. 

Melansir dari India Express, gejala umum asam lambung adalah rasa terbakar di dada, sensasi benjolan di tenggorokan, bersendawa dan kembung. Kondisi ini juga menciptakan rasa regurgitasi ke dalam mulut makanan yang sangat asam, sebagian dicerna dari perut.  Asam lambung juga dapat mempengaruhi saluran pernapasan, mengakibatkan suara serak, mengi, postnasal drip, batuk atau asma. 

Sebuah tim peneliti Harvard baru-baru ini melaporkan bahwa gaya hidup tertentu bisa menghindari Anda dari asam lambung yang menyiksa. Para peneliti menganalisis survei kesehatan berkala selama 12 tahun dari lebih dari 40.000 perawat dan mengidentifikasi lima karakteristik gaya hidup yang membantu mencegah refluks asam.

Ada lima perilaku gaya hidup yang bila diatati dengan baik bisa mengurangi risiko asam lambuk hingga 37 persen, antara lain:

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 7 Minuman yang Dapat Meredakan Gejala Asam Lambung

1. Menjaga Berat Badan Sehat

Analisis literatur medis yang dipimpin oleh Dr. Jesper Lagergren dari Karolinska Institute di Stockholm menemukan bahwa asam lambung mempengaruhi sekitar 22 persen orang yang tergolong obesitas, dibandingkan dengan sekitar 14 persen dari mereka yang tergolong obesitas.

Ilustrasi pengidap asam lambung. (Pixabay/AaronAmat)
Ilustrasi pengidap asam lambung. (Pixabay/AaronAmat)


Setelah Anda makan, sfingter otot di bagian bawah kerongkongan terbuka untuk membiarkan makanan masuk ke perut, dan kemudian menutup agar tidak berbalik arah. Perut yang terlalu besar dapat memberikan tekanan berlebih pada sfingter ini dan dapat mencegahnya menutup, memungkinkan isi dari lambung asam mengalir ke kerongkongan.

2. Hindari Merokok

Tim Dr. Lagergren menemukan bahwa tembakau dapat memperpanjang waktu yang dibutuhkan makanan asam untuk meninggalkan kerongkongan. Dalam analisis dari 30 penelitian, asam lambung mempengaruhi sekitar 20 persen perokok, dibandingkan dengan sekitar 16 persen bukan perokok.

Baca Juga: Asam Lambung Sering Kambuh? 6 Makanan Ini Sebaiknya Dihindari

3. Olahraga 

Komentar