alexametrics

Selain Lebih Nyenyak, Posisi Tidur Telentang Beri 3 Manfaat Kesehatan Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Selain Lebih Nyenyak, Posisi Tidur Telentang Beri 3 Manfaat Kesehatan Ini!
Tidur telentang (Shutterstock)

Tidur telentang bisa memberikan beberapa manfaat kesehatan, tak hanya tidur lebih nyenyak.

Suara.com - Setiap orang pasti memiliki posisi tidur yang paling disukai, baik itu posisi tidur miring, telentang atau telungkup dan lainnya. Anda bisa tidur dalam posisi apapun yang paling nyaman.

Tapi, posisi tidur telentang adalah pilihan terbaik ketika Anda kesulitan tidur. Tidur telentang juga memiliki beberapa manfaat kesehatan, salah satunya membantu tidur nyenyak.

Tidur telentang secara konsisten membantu menyelaraskan tulang belakang, meredakan ketegangan pada otot, mengurangi penumpukan di sinus, dan mengurangi tekanan pada dada.

Pada awalnya, posisi tidur telentang mungkin akan terasa sulit tapi akan terbiasa seiring waktu. Bahkan, sesekali berguling ke samping ketika tidur telentang juga tidak masalah.

Baca Juga: 80 Persen Populasi Portugal Sudah Disuntik Vaksin COVID-19, Tertinggi di Dunia?

Secara umum, semua posisi tidur baik, kecuali tidur tengkurap meski semuanya tergantung pada kenyamanan Anda.

Dilansir dari Times of India, Anda perlu paham bahwa tidur telentang memiliki manfaat yang lebih besar selain membuat tidur lebih nyenyak, antara lain:

Ilustrasi tidur telentang. (Pexels)
Ilustrasi tidur telentang. (Pexels)

1. Mengurangi refluks asam

Tidur telentang bisa mencegah refluks asam dan meningkatkan pencernaan makanan lebih baik. Pastikan untuk mengangkat kepala Anda cukup tinggi sehingga posisi kerongkongan Anda lebih tinggi dari perut.

2. Mengurangi kerutan dan garis halus

Baca Juga: EMA Sebut Suntikan Penguat Vaksin Covid-19 Bisa Picu Hipoestesia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidur dengan wajah menghadap ke atas dapat menurunkan risiko Anda memiliki garis-garis halus. Saat Anda tidur dengan wajah terbentur bantal, risiko munculnya kerutan lebih tinggi.

3. Mencegah mata bengkak

Tidur telentang juga mencegah retensi air dan terlalu banyak darah berkumpul di bawah mata Anda. Hasilnya, mata Anda akan terlihat tidak bengkak ketika bangun tidur.

Komentar