alexametrics

Kenapa Pandemi Buat Orang Sakit Flu Lebih Lama Sembuh? Ini Sebabnya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Kenapa Pandemi Buat Orang Sakit Flu Lebih Lama Sembuh? Ini Sebabnya!
Ilustrasi virus corona Covid-19, flu (Pixabay/mohamed_hassan)

Gejala flu cenderung bertahan lebih lama selama pandemi virus corona Covid-19.

Suara.com - Kasus flu yang lebih meningkat selama pandemi virus corona Covid-19 menimbulkan kekhawatiran. Kondisi ini seringkali dijuluki dengan istilah twindemic.

Tapi, orang sakit flu sekarang ini terlihat lebih lama dan sulit sembuhnya. Padahal, orang sakit flu biasanya akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan medis.

Pada ahli pun menduga kasus flu yang lebih berat sekarang ini disebabkan oleh vaksinasi yang buruk. Banyak orang masih mengabaikan pentingnya vaksin flu dan vaksinasi lainnya.

Sedangkan tahun-tahun sebelum pandemi virus corona, orang cenderung memiliki kesadaran dan kewaspadaan yang tinggi sehingga kasus flu cukup rendah.

Baca Juga: Ahli Vaksin AstraZeneca: Covid-19 Akan Melemah dan Seperti Flu Biasa

Terlebih dalam situasi sekarang, banyak orang cukup berpuas diri setelah vaksinasi sehingga mengabaikan kebersihan masker dan tindakan pencegahan lainnya di tengah prevalensi virus pernapasan yang sedang tinggi.

Ilustrasi flu. (Shutterstock)
Ilustrasi flu. (Shutterstock)

Umumnya dilansir dari Times of India, waktu paparan flu lebih pendek daripada virus corona Covid-19. Karena, gejala flu bisa muncul 2-4 hari setelah paparan dan cenderung berlangsung selama 7-10 hari di antara prang yang sehat.

Gejala flu yang berlangsung selama seminggu dianggap sebagai waktu rata-rata bagi sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan patogen penyebab flu dan membangun antibodi kembali.

Orang yang memiliki masalah kesehatan sebelumnya, seperti diabetes, masalah imunosupresan atau tekanan darah tinggi mungkin juga membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dan mengalami gejala penyakit selama lebih dari seminggu,

Saat ini, semua orang perlu mewaspadai kesehatan tubuhnya dan tidak hanya fokus pada risiko infeksi virus corona Covid-19. Karena, pandemi virus corona bisa membuat kita terlena dengan ancaman virus lain, termasuk flu.

Baca Juga: Gemparkan China, Muncul Virus Flu Burung Varian Baru, Dua Orang Tertular

Infeksi virus corona Covid-19 ini tidak hanya membuat semua orang bingung membedakan gejalanya dengan penyakit lain, tetapi juga bisa memperpanjang waktu diagnostik dan penyembuhannya.

Apalagi, pandemi virus corona Covid-19 ini juga melemahkan kekebalan tubuh kita secara tak langsung. Hal ini perlu diwaspadai, karena Anda mungkin lebih rentan terkena penyakit ketika kembali beraktivitas normal.

Bahkan, sekarang dokter telah memperingatkan bahwa ada varian baru yang disebut DENV-2 yang tidak hanya menyebabkan infeksi parah tetapi juga memicu masalah kesehatan serius.

Komentar