alexametrics

Menyelaraskan Gaya Hidup dengan Siklus Menstruasi Bikin Tubuh Lebih Sehat, lho!

Cesar Uji Tawakal | Rosiana Chozanah
Menyelaraskan Gaya Hidup dengan Siklus Menstruasi Bikin Tubuh Lebih Sehat, lho!
Ilustrasi perempuan sedang alami menstruasi. [shutterstock]

"Memiliki siklus bulanan yang sehat dapat memperbaiki energi, suasana hati, berat badan, tidur, dan fungsi otak," kata ahli.

Suara.com - Rerata wanita akan mengalami sekitar 456 siklus menstruasi dalam hidupnya, dan menyelaraskan gaya hidup, seperti olahraga, pola makan, kehidupan seosial, pekerjaan, dan acara, akan membantu meringankan gejala PMS yang dialami.

"Memiliki siklus bulanan yang sehat dapat memperbaiki energi, suasana hati, berat badan, tidur, dan fungsi otak. Sebaliknya, jika hormon tubuh tidak seimbang, itu akan memberi gejala PMS yang berat atau menyakitkan," jelas ahli gizi Nicki Williams, pendiri Happy Hormones for Life.

Williams menjelaskan di laman Metro UK bahwa siklus menstruasi terbagi menjadi empat fase berbeda, yakni:

1. Fase pertama: menstruasi

Baca Juga: Fakta Unik New Zealand: Masyarakatnya Utamakan Gaya Hidup Sehat

Ini adalah waktu untuk beristirahat dan mengatur ulang energi.

"Jika Anda harus olahraga, lakukan saja aktivitas santai, seperti yoga atau jalan kaki. Hormon estrogen dan progesteron Anda sedang rendah selama menstruasi, sehingga tingkat energi juga rendah," jelas Williams.

Menstruasi juga membuat tubuh kekurangan zat besi karena berkurangnya darah dalam tubuh. Jadi, Williams merekomendasikan untuk makan kaya zat besi.

Kram Menstruasi (Envato)
Kram Menstruasi (Envato)

2. Fase kedua: folikel

Pada fase ini, hormon estrogen sedang meningkat untuk mempersiapkan ovulasi. Jadi, pada masa ini wanita akan memiliki banyak energi.

Baca Juga: WeGrow, Green Living Platform Dukung Penggemar Gaya Hidup Sehat

"Sehingga Anda dapat melakukan olahraga yang lebih intens dan harus menyertakan makanan untuk mendukung keseimbangan energi," tambahnya.

3. Fase ketiga: ovulasi

Fase ini terjadi sekitar hari ke-14 dari siklus. Pada masa ini hormon estrogen juga sedang memuncak, sebab ini adalah saat sel telur dilepaskan dan ini adalah waktu terbaik untuk olahraga yang lebih intens.

"Fokus pada makanan kaya vitamin B untuk menambah progesteron dalam kadar sehat untuk membantu meringankan gejala PMS pada fase berikutnya," lanjutnya.

4. Fase empat: luteal

Ini adalah masa ketika hormon progesteron naik, dan estrogen turun.

"Anda mungkin mengalami gejala PMS saat menjelang akhir siklus Anda. Jadi konsumsi lemak dan protein sehat. Energi Anda mungkin menurun, jadi jangan forsir tubuh untuk melakukan sktivitas berat."

Ahli merekomendasikan untuk membuat peta siklus agar Anda dapat menyesuaikan gaya hidup berdasarkan siklus menstruasi.

Komentar