alexametrics

6 Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Perlu Diketahui dari Ekskresi hingga Mengatur Tekanan Darah

Rifan Aditya
6 Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Perlu Diketahui dari Ekskresi hingga Mengatur Tekanan Darah
6 Fungsi Ginjal Dalam Tubuh Perlu Diketahui dari Ekskresi hingga Mengatur Tekanan Darah - Ilustrasi ginjal dalam tubuh manusia. [shutterstock]

Fungsi ginjal yang utama yaitu menjaga homeostasis.

Suara.com - Ginjal salah satu organ tubuh yang paling penting. Orang Mesir Kuno membiarkan otak dan ginjal tetap pada posisinya sebelum membalsem tubuh. Hal tersebut membuktikan bahwa ginjal memiliki nilai yang lebih tinggi. Lantas, apa fungsi ginjal? Berikut ini penjelasannya.

Diketahui, ginjal kanan berukuran lebih kecil dan lebih rendah dari ginjal bagian kiri. Hal itu karena berfungsi untuk memberi ruang bagi hati. Setiap ginjal mempunyai berat sekitar 125-170 gram pada pria dan 115-155 g pada wanita.

Di dalam ginjal terdapat sejumlah lobus berbentuk piramida yang terdiri atas korteks ginjal luar serta medula ginjal dalam. Nefron mengalir di antara bagian-bagian tersebut. Struktur ginjal ini berguna untum memproduksi urin.

Berikut Ini Fungsi Ginjal

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Organ dalam Sistem Eksresi Tubuh Manusia

Fungsi ginjal yang utama yaitu menjaga homeostasis. Itu artinya, ginjal mengatur kadar cairan, keseimbangan elektrolit, dan faktor lain yang menjaga lingkungan internal agar tubuh tetap sehat dan nyaman.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi ginjal dalam tubuh yang penting untuk kamu tahu melansir dari situs Medical News Today, Rabu (1/12/2021).

1. Ekskresi limbah

Ginjal mengeluarkan sejumlah produk limbah dan membuangnya dalam urin. Adapun dua senyawa utama yang dikeluarkan ginjal yaitu urea (dihasilkan dari pemecahan protein dan asam urat (dihasilkan dari pemecahan asam nukleat)

2. Reabsorbsi nutrisi

Baca Juga: Selain Susu, Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium

Ginjal menyerap kembali nutrisi dari darah dan memindahkannya ke tempat yang paling mendukung kesehatan. Ginjal juga membantu menyerap kembali produk lain untuk membantu menjaga homeostasis.

Komentar