facebook

Gejala Kanker Ginjal, Waspadai Kelelahan hingga Benjolan di Perut!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Gejala Kanker Ginjal, Waspadai Kelelahan hingga Benjolan di Perut!
Ilustrasi kanker ginjal. (Shutterstock)

Kelelahan hingga benjolan pada perut bisa jadi gejala kanker ginjal.

Suara.com - Kanker ginjal adalah penyakit yang terbentuk sel-sel kanker terbentuk di tabung ginjal. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti merokok.

Tapi, deteksi kanker ginjal lebih awal akan lebih mudah dikendalikan dan diobati. Karena, ginjal merupakan organ vital yang berfungsi membuang limbah sekaligus mengatur keseimbangan cairan.

Tabung kecil yang disebut tubulus di ginjal memainkan peran penting dalam menyaring darah, mengeluarkan limbah dan membuat urine.

Pertumbuhan sel kanker di tubulus yang disebut sebagai karsinoma sel ginjal (RCC) merupakan jenis ginjal yang paling umum pada orang dewasa.

Baca Juga: Seberapa Parah Virus Corona Covid-19 pada Anak 2 Tahun? Waspadai Gejalanya!

Karena kanker ginjal ini bisa tumbuh cepat, sangat penting untuk memperhatikan gejalanya sebelum menyebar ke paru-paru dan organ di sekitarnya.

Menurut Cancer Research UK, kanker ginjal paling sering ditemukan pada orang berusia 75 tahun atau lebih.

Ilustrasi kanker ginjal. [shutterstock]
Ilustrasi kanker ginjal. [shutterstock]

Beberapa tanda awal bisa lebih sulit dikenali pada orang tua, karena gejalanya bisa berupa sakit punggung dan kelelahan yang mirip dengan kondisi lainnya.

Berikut ini dilansir dari Express, beberapa gejala kanker ginjal.

1. Berat badan menurun

Baca Juga: Benarkah Cuci Hidung Efektif Cegah Penularan Virus Corona? Ini Kata Ahli

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah gejala utama dari semua jenis kanker, termasuk kanker ginjal.

Saat tumor menyebar ke organ lain, kelompok sel kanker dapat mempengaruhi proses pencernaan atau produksi hormon dalam tubuh Anda yang mengakibatkan hilangnya nafsu makan.

Hal ini dapat membuat Anda merasa tidak tertarik untuk makan dan menyebabkan penurunan berat badan.

2. Darah dalam urine

Salah satu tanda paling umum dari kanker ginjal adalah darah dalam urin atau hematuria. Gejala ini tidak mudah dikenali, karena beberapa urine bisa berwarna merah muda atau cokelat.

Darah dalam urine Anda mungkin tidak muncul secara konsisten, etapi Anda harus mencatat seberapa sering hal itu terjadi untuk membantu diagnosis.

Bercak darah dalam urin Anda tidak selalu berarti Anda menderita kanker. Ada beberapa penyebab umum lainnya dari darah dalam urine, seperti infeksi ginjal, kandung kemih, kista, batu ginjal dan cedera pada ginjal.

3. Anemia dan kelelahan

Kelelahan mempengaruhi hampir setengah dari semua penderita kanker. Kelelahan terkait kanker lebih dari sekadar kelelahan alias terjadi terus-menerus, intens dan mengganggu aktivitas harian.

Anemia adalah suatu kondisi yang menggambarkan jumlah sel darah merah yang rendah dan merupakan efek samping yang umum dari kanker ginjal.

4. Sakit punggung bawah

Meskipun ada banyak penyebab nyeri punggung bawah, kanker ginjal juga bisa menyebabkan gejala ini. Nyeri punggung yang disebabkan oleh kanker ginjal dapat berkisar dari nyeri tumpul hingga sensasi menusuk tajam di punggung atau satu sisi atau panggul

Nyeri terus-menerus di satu sisi batang tubuh juga telah dikaitkan dengan kanker ginjal. Jika rasa sakit berlangsung lebih dari beberapa hari, Anda harus selalu mengunjungi dokte.

5. Benjolan di perut

Kanker ginjal adalah adanya massa atau benjolan di sekitar perut. Benjolan keras, menebal atau menonjol di bawah kulit paling sering terjadi di daerah perut, samping dan punggung.

Komentar