facebook

3 Obat Gusi Berdarah yang Bisa Dicoba, Kenali Juga Penyebabnya

Yasinta Rahmawati
3 Obat Gusi Berdarah yang Bisa Dicoba, Kenali Juga Penyebabnya
Foto oleh Los Muertos Crew dari Pexels

Mengatasi gusi berdarah bisa dilakukan dengan banyak cara. Ini 3 obat gusi berdarah yang bisa dicoba!

Suara.com - Tak jarang seorang mengalami gusi berdarah yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Memang bukan hal yang serius, tapi sangat direkomendasikan untuk segera diatasi dengan melakukan tindakan penanganan. Beberapa obat gusi berdarah juga bisa jadi pilihan untuk mengatasi hal ini.

Nah dalam artikel singkat kali ini, mari kita bahas mengenai apa yang memicu terjadinya gusi berdarah, dan obat apa saja yang bisa digunakan untuk menanganinya. Tanpa berpanjang lebar, mari masuk ke bagian pertama.

Penyebab Gusi Berdarah

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gusi berdarah terjadi pada Anda atau siapa saja.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Obat Batuk Alami, Bisa Ditemukan di Dapur

1. Penyakit Gigi dan Gusi

Penyakit seperti gingivitis bisa jadi penyebab utama gusi berdarah. Hal ini dipicu adanya timbunan plak atau sisa makanan dan bakteri pada gigi yang jarang dibersihkan.

2. Penyakit Tertentu

Beberapa penyakit tertentu juga bisa jadi pemicu terjadinya gusi berdarah. Mulai dari anemia, gangguan pembekuan darah, sirosis, leukemia, diabetes, hingga gangguan autoimun.

3. Nutrisi Kurang

Baca Juga: 9 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Ditemui

Pola makan yang kurang sehat bisa jadi pemicu selanjutnya. Kekurangan Vitamin C, Vitamin B, hingga VItamin K, bisa jadi penyebab gusi berdarah dan kurang kuat.

4. Terjadinya Perubahan Hormon

Hal ini awam terjadi pada Anda yang berada di masa kehamilan. Perubahan hormon secara masif bisa jadi pemicu terjadinya gusi berdarah, sehingga menjadi lebih sensitif dan mudah terluka.

Ilustrasi kesehatan mulut. (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan mulut. (Shutterstock)

Lalu Apa Obat Gusi Berdarah?

Sebenarnya untuk mengatasi gusi berdarah akan sangat baik jika dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, sehingga dapat diketahui penyebab utama dan obat paling tepat. Tapi beberapa obat gusi berdarah di bawah ini juga bisa dicoba, bilamana kondisinya tidak terlalu parah.

Pertama, Asam Traneksamat. Obat ini adalah opsi yang bisa digunakan untuk membantu pembekuan darah, sehingga gusi berdarah bisa lekas berhenti. Obat ini biasanya juga hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Kedua, suplemen vitamin. Cara ini bisa digunakan jika gusi berdarah disebabkan oleh kekurangan asupan vitamin.

Ketiga, adalah berkumur air garam. Cara ini terbilang tradisional, tapi jadi obat gusi berdarah yang cukup ampuh. Selain membantu mempercepat pendarahan berhenti, larutan garam juga bisa membantu mengurangi resiko iritasi dan pembengkakan.

Itu tadi sekilas pengetahuan umum mengenai obat gusi berdarah. Tentu, karena menyangkut isu kesehatan, sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi langsung dengan dokter agar mendapatkan penanganan terbaik dan sesuai dengan diagnosanya.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar