facebook

Ini Dia 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Ini Dia 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kesuburan
ilustras ikan salmon, makanan yang dapat meningkatkan kesuburan (Pixabay/picjumbo_com).

Masukkan 7 daftar makanan berikut ke dalam diet Anda saat sedang merencanakan kehamilan, ya!

Suara.com - Ingin cepat-cepat hamil setelah menikah? Coba konsumsi beberapa jenis makanan yang diketahui bisa meningkatkan kesuburan.

Ya, selain gaya hidup sehat, kesuburan juga bisa ditingkatkan melalui konsumsi makanan tertentu. Melansir dari Everyday Health, inilah daftar makanan yang dapat meningkatkan kesuburan Anda.

1. Susu
Susu tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, tetapi juga berpotensi untuk meningkatkan kesehatan reproduksi Anda. Selain susu, Anda juga bisa mengandalkan produk turunan susu, seperti yogurt, keju, atau smoothie. Pilihlah susu rendah lemak, terutama jika Anda juga berencana untuk menurunkan berat badan. Ingat, kelebihan berat badan juga akan mempengaruhi kesuburan Anda, lho.

2. Protein hewani tanpa lemak
Semua sumber protein hewani ini kaya akan zat besi — nutrisi penting yang membantu meningkatkan kesuburan. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang meningkatkan asupan zat besinya selama periode prakonsepsi memiliki tingkat kesuburan yang lebih tinggi daripada wanita yang kekurangan zat besi.

Baca Juga: 5 Makanan yang Aman di Konsumsi oleh Penderita Diabetes

Tapi pastikan Anda memilih sumber protein hewani yang tanpa lemak, ya. Dan pastikan juga Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak protein (bahkan protein tanpa lemak) dapat menurunkan kesuburan.

3. Ikan berlemak
Salmon, sarden, herring, dan jenis ikan berlemak lainnya bermanfaat meningkatkan kesuburan berkat kadar asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan lemak ini akan meningkatkan aliran darah ke organ reproduksi dan dapat membantu mengatur hormon reproduksi.
Jika Anda tak suka ikan, Anda masih bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dari biji rami, almond, kenari, biji labu, dan telur yang diperkaya dengan omega-3.

4. Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks berasal dari biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan. Ini bebrbeda dengan karbohidrat sederhana yang biasanya ada pada roti putih, nasi putih, sereal olahan, dan semua jenis makanan manis.

Ada hubungan antara pilihan jenis karbohidrat dan kesuburan. Mencerna karbohidrat olahan menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin dalam tubuh - dan peningkatan kadar insulin dapat mengganggu hormon reproduksi dan mengacaukan siklus menstruasi. Tentu ini bukan hal yang baik ketika Anda mencoba untuk hamil.

Karbohidrat kompleks, di sisi lain, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan tidak menyebabkan lonjakan kadar insulin – dan juga dapat meningkatkan ovulasi secara teratur.

Baca Juga: Santap Nasi Jamblang Khas Cirebon, Gubernur Ganjar: Nagih Banget

5. Tiram
Selain dikenal sebagai makanan afrodisiak, tiram adalah sumber mineral seng yang baik. Kekurangan mineral seng dapat mengganggu siklus menstruasi dan memperlambat produksi telur berkualitas baik — di mana keduanya dapat berdampak buruk pada kesuburan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar