facebook

Lagi Heboh di Eropa, Ini Gejala Awal Cacar Monyet Hingga Sembuh

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Lagi Heboh di Eropa, Ini Gejala Awal Cacar Monyet Hingga Sembuh
Ilustrasi Cacar Monyet (Pexels)

Gejala awal cacar monyet adalah demam seperti flu.

Suara.com - Ditemukannya kasus cacar monyet di Amerika Serikat, Australia, dan Eropa jadi pembicaraan para ahli. Beberapa menyandingkan penyakit kulit ini dengan cacar air yang berhasil diberantas pada 1980.

Tapi tidak banyak yang tahu perjalanan penyakit dan gejala awal cacar monyet yang kasusnya diprediksi akan terus meningkat, karena orang yang terinfeksi bisa menularkan selama 2 hingga 3 minggu bergejala.

Mengutip Insider, Sabtu (21/5/2022), perjalanan penyakit cacar monyet pada setiap orang bisa beragam. Tapi menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, CDC, gejala awal cacar monyet adalah demam seperti flu, yaitu demam, kelelahan, sakit kepala dan nyeri tubuh. Selanjutnya kelenjar getah bening di leher dan ketiak akan membengkak, sebagai tanda adanya infeksi.

Ruam kemudian akan muncul di wajah dan dada pasien cacar monyet. Ruam ini dimulai dengan bintik merah yang awalnya berisi cairan, lalu berisi nanah.

Baca Juga: Muncul 11 Kasus Baru Cacar Monyet di Inggris

Selanjutnya menurut CDC, dalam 24 jam ruam akan langsung menyebar ke seluruh tubuh. Tapi umumnya ruam ini akan terkonsentrasi di wajah, lengan dan kaki.

Presiden American Society of Tropical Medicine and Hygiene, Daniel Bausch mengatakan tahap pertama ruam dimulai dengan bintik merah di makula, yang ukurannya tidak lebih dari satu sentimeter.

Selanjutnya pada hari ketiga, ruam berubah jadi lesi bintik putih yang lebih menonjol. Berikutnya bakal lebih tajam dan keras saat disentuh.

Pada hari keenam dan ketujuh, benjolan jadi lebih banyak berisi nanah berwarna kekuningan, dan bukan cairan bening.

Selama tujuh hari benjolan berisi nanah ini akan bertahan sebelum akhirnya mulai mengeras.

Baca Juga: 10 Gejala Cacar Monyet dan Cara Mengatasi Monkeypox, Jangan Panik!

Tapi yang mengkhawatirkan adalah selama ruam berubah jadi benjolan berisi nanah, rasanya akan sangat menyakitkan. Bahkan akan berubah sangat gatal tak tertahankan saat proses benjolan nanah perlahan berubah jadi keras.

Sehingga penyakit cacar monyet ini bisa berlangsung sangat lama, yakni selama 2 hingga 3 minggu hingga akhirnya sembuh dan mengering.

Komentar