Bahan Alami Ini Bikin Wajah Kinclong Bebas Rambut Halus

Ririn Indriani | Dinda Rachmawati
Bahan Alami Ini Bikin Wajah Kinclong Bebas Rambut Halus
Ilustrasi masker kunyit untuk perawatan wajah agar kinclong dan bebas rambut halus. (Shutterstock)

Tak perlu perawatan mahal, ada bahan alami yang bisa Anda manfaatkan agar wajah kinclong dan bebas rambut halus, apa saja? Cari tahu di sini.

Suara.com - Semua perempuan pasti ingin memiliki wajah kinclong dan bebas rambut halus. Ya, punya rambut halus berlebihan di wajah tentu mengganggu penampilan perempuan.

Penyebabnya bisa karena beberapa hal, mulai dari ketidakseimbangan hormon, genetik atau juga terjadi selama masa kehamilan.

Namun tak perlu khawatir bila Anda mengalami hal ini, karena bisa dihilangkan dengan cara alami dengan masker kunyit. Bahan dapur satu ini dikenal efektif dalam menghilangkan rambut wajah tanpa rasa sakit.

Kunyit juga memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu dalam penyembuhan kulit. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat pencerah kulit yang membuatnya digunakan sebagai bahan kandungan kosmetik.

Jadi, ucapkan selamat tinggal pada proses yang menyakitkan seperti pencukuran, pencabutan, waxing, dan lainnya. Nah, berikut cara menggunakan kunyit untuk menghilangkan rambut halus di wajah dilansir Boldsky.

Bahan:
1/2 cangkir susu dingin
1/2 cangkir tepung gram
1 sendok teh bubuk kunyit
1 sendok teh garam

Cara membuat:
1. Gunakan mangkuk bersih, tambahkan susu dingin, tepung gram, garam dan bubuk kunyit.
2. Campur semua bahan dengan baik dengan spatula.
3. Terapkan ke area di mana Anda ingin menghilangkan rambut halus di wajah.
4. Pijat lembut masker ini dengan gerakan memutar, gunakan bantuan ujung jari Anda selama beberapa menit.
5. Biarkan selama 15-20 menit.
6. Setelah 20 menit, bersihkan dengan air hangat.

Sebelum menggunakan ramuan tersebut pada wajah, pastikan Anda melakukan uji tempel (patch test) untuk mengetahui apakah alergi kunyit atau tidak. Jika Anda merasa gatal atau sensasi terbakar, maka hentikan penggunaannya.

Selain itu kunyit juga meninggalkan noda kuning setelah Anda menempelkannya ke kulit. Untuk mengatasinya, celupkan bola kapas ke cuka sari apel dan gosokkan pada noda bekas kunyit. Cara ini akan membantu menyingkirkan noda bekas kunyit secara efektif.

Selain menghilangkan rambut halus, campuran lainnya juga sangat bermanfaat. Seperti tepung gram atau yang biasa dikenal dengan sebutan besan yang membantu mengurangi kelebihan minyak pada kulit, sehingga kulit jadi lembut dan sehat.

Tepung ini bekerja paling baik dalam menghilangkan rambut halus di wajah ketika digunakan dalam bentuk scrub, karena merupakan pengelupas alami.

Nah, untuk mencerahkan kulit wajah, susu dapat melakukannya dengan baik. Ini dikarenakan kandungan asam laktat dalam susu dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit sekaligus menghidrasi sehingga kelembaban kulit tetap terjaga.

Terakhir, garam yang dianggap sebagai pengelupas kulit alami membuat kulit lebih bersih dengan membuang sel-sel kulit mati. Ini membantu dalam meremajakan kulit.

Garam juga baik untuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan peradangan kulit lainnya. Terlepas dari ini, garam juga meningkatkan sirkulasi darah.

Itulah sederet bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk membuat wajah kinclong dan bebas rambut halus, selamat mencoba!

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS