1. Cost Per Thousand Impressions atau CPM
Sederhananya, CPM adalah biaya yang dibayar oleh pengiklan untuk setiap 1,000 tayangan iklan yang muncul di video YouTube. Pendapatan ini bergantung pada harga penawaran iklan, jenis iklan, dan konsistensi.
Secara ideal contoh perhitungan CPM dengan rate Rp10,000 dengan video yang ditayangkan 100,000 kali per bulan adalah sebagai berikut:
Pendapatan dari CPM = (100.000 /1.000) x Rp10.000 = Rp1.000.000
2. Cost Per Click atau CPC
Untuk perhitungan CPC sendiri akan bergantung pada total klik iklan yang didapatkan. Misalnya klik iklan diberikan rate Rp10.000 per klik dengan total klik yang didapatkan adalah 20.000 klik pada video Anda, maka CPC yang diperoleh dengan skenario yang sama pada CPM di atas adalah:
20.000 x 10.000 = Rp200.000.000
Ingat, angka dan perhitungan di atas hanya sekedar gambaran saja. Namun, setidaknya terdapat gambaran logis tentang perhitungan yang bisa dilakukan pada penghasilan YouTuber seperti Maria Eleanor yang tengah dibahas sekarang ini.
Media Sosial Lain Milik Maria Eleonora
Baca Juga: Profil Lidya Pratiwi alias Maria Eleanor, Artis Eks Napi yang Banting Setir Jadi YouTuber
Selain YouTube, Lidya Pratiwi juga memiliki beberapa media sosial lain seperti Instagram dan TikTok. Berbeda dengan kanal YouTube yang dimilikinya, pengikutnya di dua media sosial ini tergolong cukup besar.
Pada Instagram di @mariaeleanor.official, tercatat sebanyak 61,2 ribu pengikut. Sementara pada TikTok di @mariaeleanor.official tercatat sebanyak 44,6 ribu pengikut yang menyaksikan unggahannya.
Kontributor : I Made Rendika Ardian