Doa Sebelum dan Sesudah Makan Lengkap dengan Artinya

Dany Garjito | Chyntia Sami Bhayangkara
Doa Sebelum dan Sesudah Makan Lengkap dengan Artinya
Ilustrasi makan bersama keluarga. (Shutterstock)

Dengan doa, diharapkan aktivitas yang dijalani akan penuh dengan keberkahan.

Suara.com - Berdoa merupakan salah satu amalan yang tak boleh terlewatkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, salah satunya ketika sebelum dan sesudah makan. Dengan doa, diharapkan aktivitas yang dijalani akan penuh dengan keberkahan.

Dalam Islam, aktivitas makan juga tak luput dari doa. Setiap orang yang hendak makan dan menyudahi makannya dianjurkan untuk membaca doa.

Dengan membaca doa sebelum makan, diharapkan mendapatkan keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari apa yang membahayakan di akhirat.

Diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu'anha, Nabi Muhammad bersabda, "Apabila kalian hendak makan, bacalah 'bismillah', jika lupa tidak membaca basmalah di awal, bacalah 'bismillahi fi awwalihi wa akhirihi". (HR Ahmad 25733, Turmudzi 1977 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).

Doa sebelum makan

"Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar"

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau berkenan memberikan berkah (kemanfaatan) kepada kami atas apa yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan semoga Engaku berkenan menjaga kami dari siksa api neraka yang menyakitkan".

Tak hanya sebelum makan, berdoa juga dianjurkan dilakukan setelah makan. Doa yang dilantunkan sebagai bentuk rasa syukur karena telah mendapatkan rezeki berupa makanan.

Doa setelah makan

"Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin"

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang teah memberikan kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dalam golongan orang-orang yang berserah diri".

Itulah doa sebelum dan sesudah makan lengkap dengan artinya!

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS