alexametrics

Fadli Zon Klaim Punya Bukti PKI Dalang Kudeta 30 September 1965

Dany Garjito | Hernawan
Fadli Zon Klaim Punya Bukti PKI Dalang Kudeta 30 September 1965
Fadli Zon Ungkap Bukti Kudeta PKI 1965 (YouTube Fadli Zon).

Dalam videonya, Fadli Zon memperlihatkan sejumlah bukti dari harian PKI yang terbit pada 2 Oktober 1965.

Suara.com - Politisi Partai Gerinda Fadli Zon kembali angkat bicara soal polemik Partai Komunis Indonesia (PKI) yang kini tengah banyak dibahas.

Kali ini, ia mengaku memiliki bukti yang mengatakan bahwa PKI adalah dalang kudeta 1965 yang melengserkan Presiden Pertama Indonesia, Soekarno.

Fadli Zon membeberkan bukti-bukti tersebut lewat video yang diunggah dalam kanal YouTube-nya, Selasa (29/9/2020).

"Setiap bulan September, memang seringkali ada polemik tentang PKI. Partai politik yang sudah dilarang sejak tahun 1966, tepatnya dibubarkan 12 Maret 1966," ungkapnya sebagai pembuka.

Baca Juga: Polri Melarang, FUI Bakal Nobar Film G30 S PKI di Masjid

Ia mengatakan bahwa informasi tersebut didapatkannya langsung dari Moerdiono, Mantan Menteri Sekretaris Negara Indonesia. Moerdiono disebutnya ikut menggarap konsep dan mengetik teks pembubaran PKI, sehari selepas turunnya Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar).

Fadli Zon Ungkap Bukti Kudeta PKI 1965 (YouTube Fadli Zon).
Fadli Zon Ungkap Bukti Kudeta PKI 1965 (YouTube Fadli Zon).

Lebih lanjut lagi, Fadli Zon menuturkan bahwa PKI merupakan partai yang selalu berupaya untuk melancarkan kudeta. Ia menjelaskan setidaknya ada dua peristiwa besar yang pernah dilakukan PKI untuk mengkudeta pemerintah, terjadi pada 18 September 1948 dan 1 Oktober 1965.

"Jadi kita melihat PKI ini ingin mengambil alih kekuasaan, mengubah ideologi, dan mengambil jalan kekerasan untuk menunaikan ambisi sesuai ideologinya," tukasnya seperti dikutip suara.com.

Dalam video yang diunggahnya, Fadli Zon menunjukkan bukti akan PKI yang berusaha mengkudeta dan mengambil alih Indonesia.

Ia menunjukkan sebuah koran yang disebut merupakan koran PKI tertanggal 2 Oktober 1965.

Baca Juga: Cerita Pengangkat Jenazah Jenderal Korban G30SPKI: Kondisinya Mengenaskan

"Sebuah koran yang merupakan koran PKI tanggal 2 Oktober 1965. Disini ada keputusan pertama dari Untung yang melakukan pemberontakan waktu itu, sebagai komandannya. Susunan Dewan Revolusi Indonesia," ujarnya.

Komentar