alexametrics

Sebut BAP Ahli Digiring Polisi, Rizieq ke Hakim: Saya Minta Abaikan Saja

Agung Sandy Lesmana | Bagaskara Isdiansyah
Sebut BAP Ahli Digiring Polisi, Rizieq ke Hakim: Saya Minta Abaikan Saja
Dua saksi ahli yang dihadirkan jaksa penuntut umum dalam kasus tes swab Rizieq Shihab di PN Jaktim (Suara.com/Bagaskara).

"Saya minta untuk bukan sekedar dicatat tapi diabaikan itu jawaban-jawaban nomor 13 dan nomor 14 dalam BAP. Karena semua jawabannya menyangkut fakta."

Suara.com - Eks Pentolan Habib Rizieq Shihab meminta kepada majelis hakim untuk mengabaikan keterangan saksi ahli dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Rizieq menganggap pernyataan saksi ahli dalam BAP-nya telah menyimpang lantaran bersifat fakta sehingga perlu diabaikan. 

Hal itu diungkapkan Rizieq dalam sidang lanjutan perkara swab test RS UMMI dengan agenda pemeriksaan saksi ahli dari jaksa penuntut umum di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu (5/5/2021). 

Saksi ahli yang dihadirkan dalam persidangan ini sebelumnya pernah memberikan keterangan dalam BAP. Ia adalah Trubus Rahardiansyah merupakan Ahli Sosiologi Hukum Pidana dari Universitas Trisakti. 

"Saya minta untuk bukan sekedar dicatat tapi diabaikan itu jawaban-jawaban nomor 13 dan nomor 14 dalam BAP. Karena semua jawabannya menyangkut fakta," kata Rizieq kepada hakim dalam persidangan. 

Baca Juga: Dicecar Hakim soal Teroris hingga Pemimpin ISIS, Begini Reaksi Habib Rizieq

Rizieq menilai sejumlah keterangan ahli dalam BAP-nya ketika diperiksa banyak membeberkan fakta misalnya rekam medis ketika dirinya bersama istri sedang dirawat ketika reaktif covid. Menurutnya, keterangan fakta ditanyakan kepada ahli dalam sidang tidak pantas dilakukan. 

"Karena ini jawabanya fakta karena kami menolak kalau fakta ini ditanyakan kepada saksi ahli karena langsung menyebut nah kemudian 14 nomor 14 halaman 36 jelas sekali nomor 14 bahwa saksi ahli mengatakan disini bahwa penjelasan disampaikan dokter Andi Tatat, Hanif Alatas dan Moh Rizieq adalah keterangan bohong. Ini kesimpulan terhadap fakta nah jadi saya minta apa-apa terkait fakta dalam BAP ini tolong diabaikan," tuturnya. 

Lebih lanjut, Rizieq enggan menyepelekan atau pun meragukan keilmuan Trubus sebagai ahli. Namun, jawabannya dalam BAP dianggap tak sesuai. Merespons hal itu Trubus pun mengaku hanya dicecar oleh penyidik ketika di BAP. 

"Keilmuannya di teori kompetensi luar biasa saya akui. Ya artinya penyidik," kata Rizieq. 

"Penyidik menyodorkan itu," jawab Trubus.

Baca Juga: Rizieq Ungkap Kerumunan di Petamburan: Semua dari Pembacaan Mahalul Qiyam

"Saya pahami itu pahami itu saya tidak menyalahkan anda pak doktor tapi saya menyatakan bahwa penyidik ini menggiring dan mengarahkan saksi ahli," kata Rizieq lagi. 

Komentar