alexametrics

Bagi-bagi Sembako Picu Kerumunan, Demokrat Minta Jokowi Kurangi Agenda Seremonial

Chandra Iswinarno | Bagaskara Isdiansyah
Bagi-bagi Sembako Picu Kerumunan, Demokrat Minta Jokowi Kurangi Agenda Seremonial
Warga berkerumun saat Presiden Jokowi membagi-bagikan sembako di Terminal Grogol, Jakbar. (Suara.com/Yaumal)

Wasekjen DPP Demokrat, Irwan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan agenda seremonial bagi-bagi sembako turun langsung ke lapangan.

Suara.com - Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat, Irwan meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberhentikan agenda seremonial bagi-bagi sembako turun langsung ke lapangan. Hal itu disampaikan berkaca dari terjadinya kerumunan usai Jokowi bagi-bagi sembako di Terminal Grogol, Jakarta Barat.

Irwan mengatakan, Jokowi seharusnya dapat mengisi ruang yang kosong dengan semangat keteladanan dalam pelaksanaan PPKM.

"Jika semangat PPKM itu membatasi mobilitas masyarakat ya pak Jokowi harus bisa mendukung hal itu terwujud," kata Irwan  saat dihubungi, Rabu (11/8/2021).

Untuk itu, menurut Irwan, kegiatan bagi-bagi sembako yang sifatnya seremonial sebaiknya ditunda oleh Jokowi. Soal penyaluran bantuan, kata dia, sudah menjadi kewenangan Kementerian Sosial.

Baca Juga: Sentilan Pedas ke Jokowi Usai Bagi-bagi Sembako Picu Kerumunan di Grogol

"Saya kira cukup staf pak Jokowi lah yang atur itu. Jangan malah pak Jokowi terus-terusan membuat kerumunan di tengah PPKM," ungkapnya.

Lebih lanjut, Irwan mengatakan, di samping masyarakat membutuhkan bantuan memang diharapkan juga sebuah keteladanan.

"Saya pikir mereka juga butuh teladan. Semuanya itu langka saat ini ditengah pandemi yang belum jelas kapan bisa diatasi oleh pemerintah ini," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo  menyambangi Terminal Grogol, Jakarta Barat pada Selasa (10/8/2021).

Kedatangan Jokowi, untuk membagikan sembako kepada warga. Namun karena tingginya antusias warga yang  tidak sabar mengantre hingga menyebabkan terjadinya kerumunan, bahkan terjadi dorong-dorongan.

Baca Juga: Soroti Kerumunan, PAN: Jokowi Tak Usah Repot Turun Bagikan Sembako, Pembantunya kan Banyak

Pantauan Suara.com di lokasi Jokowi tiba sekitar pukul 16.12 WIB. Namun saat tiba, Jokowi tidak turun dari mobil yang ditumpanginya. Masyarakat pun hanya bisa melihat dari jauh sambil meneriaki memanggil-manggil namanya.

Komentar