facebook

Bacaan 99 Asmaul Husna dan Artinya, Jadikan Sebagai Dzikir Sehari-hari Agar Dapat Berkah!

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan 99 Asmaul Husna dan Artinya, Jadikan Sebagai Dzikir Sehari-hari Agar Dapat Berkah!
Ilustrasi Asmaul Husna dan Artinya (Pixabay)

Di dalam ajaran agama Islam, Allah memiliki 99 nama sebagaimana tercantum dalam Al-Quran yang disebut dengan Asmaul Husna. Berikut ini bacaan Asmaul Husna dan artinya.

Suara.com - Di dalam ajaran agama Islam, Allah memiliki 99 nama sebagaimana tercantum dalam Al-Quran yang disebut dengan Asmaul Husna yang terdiri dari 99 nama. Setiap nama merupakan gambaran sikap Allah SWT. Berikut ini bacaan Asmaul Husna dan artinya

Nama-nama baik Allah atau Asmaul Husna dan artinya tersebut, sesuai dengan firman dalam Al-Quran surat Al-A'raf ayat 180 yang artinya: 

“Dan Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama yang terbaik, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebutnya Asmaul Husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalah artikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. 7:180) 

Melihat dari asal usulnya, Asmaul berasal dari dua kata bahasa Arab yang digabungkan. Yakni al-Asma’ dan al-Husna. Al- Asma’ artinya nama. Sedangkan al-Husna artinya baik dan bagus. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Asmaul Husna adalah kumpulan nama-nama Allah yang baik dan bagus. Berikut 99 Asmaul Husna dan artinya

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Subuh dan Artinya Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Umat Islam dianjurkan untuk menghafalkannya. Sebagai salah satu cara untuk mendekatkan dan selalu mengingat Allah SWT. Selain itu, di dalam Al-Quran menyebutkan siapapun yang hafal Asmaul Husna akan dijamin surga oleh Allah. Asmaul Husna bisa diucapkan sebagai zikir dan doa perlindungan, ketenangan dan lain sebagainya. 

Lantas bagaimana bacaan Asmaul Husna dan artinya? Berikut ini kami berikan bacaan Asmau Husna lengkap dengan artinya. 

Asmaul Husna dan Artinya 

1. Al Rahman: Yang Maha Pengasih 

2. Ar Rahiim: Yang Maha Penyayang 

Baca Juga: Kumpulan Doa Agar Ujian Lancar saat Menghadapi UTBK SBMPTN 2022, Baca Secara Rutin!

3. Al Malik: Yang Maha Merajai atau Memerintah 

Komentar