Datsun Disebut Stop Berproduksi di 2020, Ini Jawaban Nissan

Liberty Jemadu
Datsun Disebut Stop Berproduksi di 2020, Ini Jawaban Nissan
Sejumlah jurnalis mengendarai mobil listrik Nissan Leaf saat media test drive di Bridgestone Test Course, Karawang, Jawa Barat, Senin (9/9). [Suara.com/Arya Manggala]

Nissan akan mengalihkan fokus ke pengembangan mesin New Livina bersama Mitsubishi dan mobil listrik di Indonesia.

Suara.com - Kementerian Perindustrian mengatakan Nissan akan menghentikan produksi mobil-mobil bermerek Datsun pada 2020 mendatang dan mengalihkan fokusnya di Indonesia pada pengembangan mobil listrik serta mesin New Livina dalam kolaborasi dengan Mitsubishi.

Menanggapi kabar tersebut, Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai induk Datsun, memberikan jawaban normatif, yang tidak menyangkal maupun dengan tegas mengonfirmasi kabar itu.

"Kami menegaskan bahwa Nissan terus berkomitmen kepada pasar dan pelanggan di Indonesia. Rencana optimalisasi kami meliputi penyelarasan operasi bisnis dan organisasi, termasuk optimalisasi produksi," kata Hana Maharani, Head of Communication NMI kepada Suara.com di Jakarta, Senin (25/11/2019).

"Sebagai bagian dari rencana ini, kami melakukan sejumlah langkah yang memastikan pertumbuhan kami di masa depan," imbuh Hana.

Sayang dia enggan menjabarkan langkah apa saja yang akan diambil Nissan terkait Datsun di Indonesia. Ketika ditanya lebih jauh soal rencanan pengembangan mobil listrik, Hana juga menjawab diplomatis.

"Untuk saat ini kami belum dapat memberikan informasi lebih rinci mengenai rencana lokalisasi kendaraan listrik yang dimaksud," beber dia.

Sebelumnya Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kementerian Perindustrian mengatakan bahwa Nissan akan mengalihkan fokus ke pengembangan mesin New Livina bersama Mitsubishi dan mobil listrik di Indonesia.

"Nissan akan fokus melakukan lokalisasi dan pendalaman komponen utama berupa engine New livina. Sebelumnya engine tersebut diproduksi di Jepang, nantinya engine akan diproduksi di Indonesia untuk kendaraan New Livina bersama Mitsubishi," kata Putu dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Nissan, imbuh Putu, ke depan juga akan mengembangkan core model kendaraan dengan teknologi elektrifikasi power train seperti LEAF dan e-Power Model.

"Eksplorasi melalui pilot proyek dan studi pemanfaatan fasilitas CKD untuk assembling model e-Power juga tengah dilakukan," imbuh Putu.

Pengalihan fokus itu, beber Putu, dilakukan setelah Nissan menghentikan produksi mobil-mobil Datsun di Indonesia pada 2020 mendatang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS