Waspada Covid-19, Ikuti PSBB dan Selalu Bersihkan Mobil

RR Ukirsari Manggalani
Waspada Covid-19, Ikuti PSBB dan Selalu Bersihkan Mobil
Mengenakan masker dalam mobil serta menutup bagian muka dengan tisu saat bersin. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan, beberapa kendaraan masuk prioritas. Ini tips cegah Covid-19.

Suara.com - Pemerintah telah resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah DKI Jakarta. Beberapa jenis mobil memperoleh pengecualian dan dibolehkan melintas. Lihat daftarnya di sini dan di sini.

Sebagai pengguna mobil, terlepas dari peraturan itu, menjaga kebersihan kendaraan tidak boleh diabaikan. Apalagi di masa genting penyebaran pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19. Disebutkan oleh Garda Oto, "Berkendara dalam kabin ber-AC bukan menjadi jaminan terbebas dari Virus Corona jenis baru. Dengan maraknya wabah ini, masyarakat dituntut untuk lebih menjaga kebersihan, mengingat penyebarannya begitu cepat."

Dan, tak hanya dituntut menjaga kebersihan diri serta tempat tinggal, Garda Oto juga menyebutkan pentingnya menjaga kebersihan mobil yang dimiliki, "Terutama untuk masyarakat yang masih aktif bepergian menggunakan kendaraan pribadi dan masih melakukan aktivitas di area publik saat pandemi Virus Corona."

Berikut adalah tips merawat mobil dari Garda Oto, yang bisa menjadi langkah preventif melindungi diri dan keluarga terutama di masa pandemi Covid-19:

  1. Rutin membersihkan komponen mobil yang kerap disentuh. Ada sejumlah titik di mobil yang rentan akan virus, yaitu bagian paling sering disentuh, seperti setir mobil, tombol audio, tombol power window, handle pintu, serta sabuk pengaman. Solusinya: Rajin membersihkan komponen-komponen ini dengan cara tidak sembarangan. Contohnya ketika ingin membersihkan setir mobil, untuk setir berbahan kulit, sebaiknya gunakan alat pembersih khusus kulit, atau air dicampur sabun. Kemudian sikat perlahan menggunakan sikat gigi, dan dilap bersih menggunakan kain microfiber. Sementara setir berbahan plastik atau vinil juga menggunakan campuran air dan sabun yang terlalu kental, sehingga permukaan setir tidak menjadi lengket. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian lainnya, seperti tuas-tuas wiper dan indicator atau sein. Agar lebih maksimal, proses bisa diterapkan untuk tuas persneling, rem tangan, serta handle pintu.
  2. Cuci tangan sebelum dan sesudah menyetir. Bagian tangan terutama telapak adalah anggota tubuh yang paling rentan menjadi media perantara dalam perpindahan Virus Corona jenis baru. Paling ideal adalah mencuci di bawah air mengalir dan menggunakan sabun, digosok antara kedua telapak, serta meratakan sabun di setiap celah jari-jemari. Jangan lupa untuk tetap memakai masker yang kini diwajibkan setiap keluar rumah.
  3. Sediakan hand sanitizer. Selain cuci tangan secara rutin sebelum memegang apapun yang ada di dalam mobil, agar lebih praktis bisa membawa cairan pembersih seperti hand sanitizer. Aplikasikan sebelum masuk dan keluar mobil. Supaya memudahkan dan tetap bisa dibawa keluar mobil, sediakan hand sanitizer dalam ukuran yang praktis untuk dikantongi.
  4. Jaga kondisi tubuh. Meski belum ada obatnya, Covid-19 sulit menjangkiti orang dengan sistem kekebalan tubuh yang baik. Karenanya, selalu jaga kondisi tubuh dengan istirahat cukup, makan hidangan bergizi, minum multivitamin khususnya vitamin C yang membantu mempertahankan kekebalan tubuh, dan segera periksa ke dokter jika merasa kurang sehat, khususnya jika memiliki gejala terjangkit virus Corona.
  5. Hubungi Garda Siaga jika mengalami kendala saat beraktivitas dengan mobil. Tragedi mobil mogok mendadak di jalan menjadi sangat merepotkan, apalagi di tengah pandemi Coronavirus dengan kondisi jalan diterapkan PSBB. Jika terjadi mogok dan Anda adalah konsumen asuransi mobil Garda Oto, tersedia layanan Garda Siaga yang siap siaga selama 24 jam memberikan pertolongan pertama kepada mobil pelanggan bermasalah. Cukup hubungi layanan call center Asuransi Astra, Garda Akses 1500112. Setelah Garda Akses dihubungi, tim Garda Siaga akan segera meluncur ke lokasi untuk memberikan bantuan atas segala permasalahan kendaraan.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, informasi seputar Coronavirus Disease (Covid-19) bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing, minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS