alexametrics

Best 5 Oto: Pabrik Baterai EV Pertama Asia Tenggara, Fitur All-New Renault Megane E-TECH

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto:  Pabrik Baterai EV Pertama Asia Tenggara, Fitur All-New Renault Megane E-TECH
Renault Megane E-Tech Electric [Renault via ANTARA].

Indonesia kini punya pabrik baterai mobil listrik, yang pertama di Asia Tenggara, All-New Renault Megane E-TECH optimalkan fitur digital pakai prosesor Qualcomm Snapdragon.

Suara.com - Qualcomm Snapdragon, All-New Renault Megane E-TECH, GPX Popz 110, Honda Super Cub 125, Peter Karl Eastland, The Nose, Nissan, sinar laser, Tesla, mobil listrik, baterai mobil listrik, wiper, groundbreaking, Hyundai Motor, LG Energy Solution, dan pertama di Asia Tenggara menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com hari ini.

Kemarin (15/9/2021) Presiden RI Joko Widodo meresmikan pendirian pabrik baterai mobil listrik pertama di Indonesia serta Asia Tenggara. Dalam groundbreaking ini disebutkan PT HKML Battery Indonesia akan segera menggarap produk dengan konsorsium Hyundai Motor dan LG Energy Solution.

Masih berbincang soal produk kendaraan listrik, All-New Renault Megane E-TECH digarap dengan optimalisasi fitur digital. Siap mengoperasikan sederet fasilitas Google, otak pengendali atau chip prossesor yang digunakan buatan Qualcomm Snapdragon.

Terus melaju di sektor mobil listrik, pemilik Tesla Incorporation menelurkan ide bahwa wiper di kaca depan kendaraan roda empat ke atas bisa diganti dengan sinar laser. Temuan ini sudah siap dipatenkan.

Baca Juga: BNI dan Ikatan Motor Indonesia Kerja Sama, Akan Ada Undian Dua Mobil Tesla

Berpindah ke kabin atau interior mobil, Peter Karl Eastland adalah sosok unik. Sebutannya "The Nose", tugasnya adalah mengendus area kabin mobil untuk memastikan bahwa konsumen akan senang membauinya saat pertama kali pesanan tiba di tangan.

Dan dari sektor roda dua, muncul produk GSX Popz 110 yang disebutkan bisa mengancam kelangsungan Honda Super Cub 125 sebagai salah satu produk idola. Pasalnya dengan harga lebih miring dan tampilan nyaris mendekati, produk Thailand ini sudah menggunakan knalpot standar EURO 4. Seru jadinya, bukan?

Selamat membaca lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat beraktivitas dan jangan lupa selalu terapkan protokol kesehatan.

1. Temuan Mutakhir: Tesla Bakal Gunakan Sinar Laser Menggantikan Wiper Kaca Mobil

Ilustrasi sinar laser (Shutterstock).
Ilustrasi sinar laser (Shutterstock).

Wiper kaca mungkin menjadi salah satu komponen dari mobil yang belum mengalami perubahan sejak pertama kali teknologinya diaplikasikan buat kendaraan roda empat dan di atasnya.

Baca Juga: Bos Tesla Umumkan Peluncuran Cybertruck Ditunda Hingga Akhir 2022

Maka, CEO Tesla yang visioner, Elon Musk, siap menghadirkan satu inovasi baru untuk wiper kaca mobil atau windscreen.

Baca selengkapnya

2. Peter Karl Eastland, Pakar Bau Khas Mobil Baru Lulusan Ilmu Kimia dan Forensik

Peter Karl Eastland yang dijuluki
Peter Karl Eastland yang dijuluki "The Nosey" dan bekerja untuk Nissan di pabrikan Sunderland, Midlands, Britania Raya [Carscoops].

Aroma mobil baru menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian konsumen. Oleh karena itu, tidak heran banyak pabrikan kendaraan roda empat yang mempekerjakan tenaga kerja bidang khusus untuk menciptakan wangi khas dari tunggangan gres.

Aroma mobil baru adalah hasil dari sesuatu yang disebut off-gas. Aroma ini biasanya muncul saat bahan kimia yang digunakan pada plastik dan kain mobil baru tercampur ke sirkulasi udara di bagian interior.

Baca selengkapnya

3. Presiden Joko Widodo Lakukan Peletakan Batu Pertama PT HKML Baterai Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peletakan batu pertama atau  groundbreaking pabrik industri baterai kendaran listrik PT HKML Baterai Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021). (foto: bidik layar video)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peletakan batu pertama atau groundbreaking pabrik industri baterai kendaran listrik PT HKML Baterai Indonesia di Karawang, Jawa Barat, Rabu (15/9/2021). (foto: bidik layar video)

Pada Rabu (15/9/2021), Presiden RI Joko Widodo melakukan groundbreaking pabrik industri baterai kendaran listrik PT HKML Baterai Indonesia di Karawang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini, Presiden RI meletakkan batu pertama pembangunan industri baterai Tanah Air bersama konsorsium Hyundai dan LG. Tampak turut hadir adalah Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca selengkapnya

4. Pesaing Honda Super Cub C125 Siap Ramaikan Pasar Roda Dua, Harganya Cukup Miring

GPX Popz 110 2021, motor pesaing Honda Super Cub C125 (Greatbiker)
GPX Popz 110 2021, motor pesaing Honda Super Cub C125 (Greatbiker)

Honda Super Cub C125 menjadi salah satu gacoan dari pabrikan berlogo sayap mengepak ini. Desain retro dan futuristik ini membuat konsumen tertarik untuk meminangnya.

Namun Honda Super Cub C125 ini kini mulai mendapat saingan. Dilansir dari Greatbiker, sosok motor bernama GPX Popz 110 siap mengancam keberadaan Honda Super Cub C125.

Baca selengkapnya

5. Optimalkan Fitur Digital, All-New Renault Megane E-TECH Gunakan Qualcomm Snapdragon

All-New Renault Megane E-TECH [Renault via ANTARA].
All-New Renault Megane E-TECH [Renault via ANTARA].

All-New Renault Megane E-TECH, sebuah produk mobil listrik yang dikenalkan Renault menyodorkan fitur digital seru. Operasionalnya diotaki prosesor Qualcomm Snapdragon, dipadu sederet fitur dari Google.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Renault di akhir pekan (12/9/2021), mirip smartphone, All-New Renault Megane E-TECH mengandalkan fitur OpenR dengan sistem multimedia OpenR Link yang dikembangkan bersama Google berbasis Android Automotive OS. Google Assistant, Google Maps dan Google Play hadir sebagai fitur standar mobil ini.

Baca selengkapnya

Komentar