alexametrics

Dokter Penyelamat PM Inggris Sebut Covid-19 sebagai Polio Generasi Saat Ini

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Dokter Penyelamat PM Inggris Sebut Covid-19 sebagai Polio Generasi Saat Ini
Ilustrasi virus Polio. [Shutterstock]

Dokter yang membantu menyelamatkan hidup Perdana Menteri Inggris mengatakan bahwa virus corona adalah 'polio generasi saat ini'.

Suara.com - Dokter yang membantu menyelamatkan hidup Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, mengatakan bahwa virus corona adalah 'polio generasi saat ini'. Dokter ini juga memperingatkan bahwa beberapa pasien Covid-19 akan menderita efek jangka panjang.

Sang dokter, Nicholas Hart, melalui akun Twitter miliknya menulis bahwa Covid-19 adalah polio generasi saat ini.

"Pasien akan mengalami sakit ringan, sedang, dan berat. Sebagian besar pasien akan memiliki kecacatan fisik, kognitif, dan psikologis pasca penyakit kritis yang akan membutuhkan penatalaksanaan jangka panjang," cuit Hart dilansir laman Daily Mail, Selasa (5/5/2020).

Sementara pada 22 Maret lalu, sehari sebelum Inggris menerapkan status lockdown, Hart juga sempat berkeluh soal tim medis yang kewalahan menangani pasien Covid-19.

Baca Juga: Asus Vivobook S14 S433 Segera Meluncur

"Permohonan bantuan. Saya telah bekerja selama 18 jam sehari, seperti kebanyakan tim medis lainnta, untuk memastikan kami dapat melindungi semua pasien kami dan semua tim NHS kami yang luar biasa," ujarnya kala itu.

Virus corona baru dari China (2019-nCoV) berpotensi mengancam kesehatan global. (Shutterstock)
Virus corona baru dari China (2019-nCoV) berpotensi mengancam kesehatan global. (Shutterstock)

"Virus corona adalah penyakit serius dan saya ingin semua orang menjaga dan tetap aman dan ini mengharuskan Anda untuk tetap di dalam rumah."

Satu bulan berselang, PM Inggris Boris Johnson memuji kinerja Hart dan konsultan Dr Nick Price yang berhasil membantunya mengatasi virus berbahaya tersebut.

Sebagai bentuk apresiasi, Johnson bahkan membubuhkan kata 'Nicholas' pada nama putranya yang baru saja lahir. Sang dokter yang mengetahui hal ini mengaku merasa terhormat dan rendah hati telah diakui dengan cara seperti itu.

Sekadar informasi, polio adalah penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Meskipun program pemberantasan polio global sudah lama dilakukan melalui imunisasi, namun penyakit ini masih ditemukan di kawasan Asia dan Afrika.

Baca Juga: Dari Galaksi Lain, Ilmuwan Temukan Dua Lubang Hitam Supermasif dengan Api

Komentar