Ditinggal Pembantu Mudik? Coba Nih Jasa Infal, Siapkan Uang Segini

Iwan Supriyatna | Ummi Hadyah Saleh
Ditinggal Pembantu Mudik? Coba Nih Jasa Infal, Siapkan Uang Segini
Sejumlah Pembantu Rumah Tangga (PRT) pengganti alias infal tampak beraktivitas di salah satu penyedia jasa tenaga kerja di Jakarta, Sabtu (9/6/2018). [Suara.com/Oke Atmaja]

Jasa infal atau pembantu rumah tangga pengganti atau sementara merupakan jasa yang kerap di cari setiap musim lebaran.

Suara.com - Jasa infal atau pembantu rumah tangga pengganti atau sementara merupakan jasa yang kerap di cari setiap musim lebaran. Mereka biasanya sudah mulai bekerja H-10 hingga H+10 Lebaran.

Berbagai tarif pun ditawarkan oleh para penyedia jasa di saat musim lebaran. Tarifnya pun beragam dari kisaran Rp 175 ribu per hari hingga Rp 350 ribu per hari.

Selain itu para pengguna jasa infal juga akan dikenakan biaya administrasi.

Penyalur Yayasan Baby Sitter-Suster Lansia dan Asisten Rumah Tangga Tiara kasih Bunda Irena Elandana mengatakan, sebelum menggunakan jasa infal, para pengguna jasa diharuskan menyertakan KTP, mengisi perjanjian kerja dan membayar biaya administrasi sebesar Rp 1 juta.

Uang tersebut kata Irena untuk garansi jasa infal lebaran.

"User harus bawa detail data pribadi berupa KTP identitasnya, karena kan nanti mengisi perjanjian kerja MoU antara user dengan lembaga. Kemudian bayaran administrasi Rp 1 juta untuk garansi 1 kali," ujar Irena kepada Suara.com, Jumat (31/5/2019).

Sementara untuk tarif jasa infal lebaran, pihaknya mematok harga dari Rp 175 ribu hingga Rp 200 ribu per hari.

Rinciannya untuk asisten rumah tangga (ART) infal yakni Rp 175 ribu dan untuk suster Rp 200 ribu per hari.

"Tarifnya Rp 175 ribu per hari kalau PRT. Untuk suster Rp 200 ribu perhari. Suster itu ada untuk lansia dan mengurus balita, bayi," kata Irena.

Harga tarif infal tersebut memang tak jauh berbeda. Di CV Yusa Yayasan Kristen yang juga penyalur infal, tarif untuk ART infal mulai dari harga Rp 200 ribu per hari.

Penyalur infal dari CV Yusa Yayasan Kristen, Sisca Yati mengatakan, sebelum menggunakan jasa infal, calon majikan juga harus membayar biaya mulai dari harga Rp 500.000.

"Paling rendah PRT Rp 200 ribu per hari tapi kita ada nego," kata Sisca.

Hal yang sama juga dikatakan salah satu penyalur infal dari LPK Pancaran Kasih, Andriyani.

Andriyani menuturkan, pihaknya juga menetapkan biaya administrasi sebelum calon majikan menggunakan jasa infal.

Untuk biaya administrasi yakni dikenakan biaya Rp 600 ribu. Adapun untuk tarif infal lebaran yakni Rp 200 ribu sehari.

Kemudian untuk infal balita Rp 250 ribu, untuk bayi Rp 300 ribu sampai Rp 350 ribu. Sementara untuk infal lansia yakni Rp 300 ribu sampai Rp 350 ribu.

"Kalau untuk infal Rp 200 ribu per hari, kalau balita Rp 250 ribu, bayi baru lahir Rp 300 ribu sampai Rp 350 ribu dan untuk lansia Rp 300 ribu sampai Rp 350 ribu," tandasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS