5 Cara Tangkal Flu di Musim Hujan, Nomor 3 Paling Unik

Ade Indra Kusuma | Dini Afrianti Efendi
5 Cara Tangkal Flu di Musim Hujan, Nomor 3 Paling Unik
Gejala Flu dan Pilek. (Shutterstock)

Jika flu sudah menyerang kepala pusing, demam, hidung tersumbat pasti sangat mengganggu aktivitas.

Suara.com - 5 Cara Tangkal Flu di Musim Hujan, Nomor 3 Paling Unik.

Flu dianggap sebagai virus yang paling mudah menyerang tubuh saat daya tahan tubuh sedang lemah, khususnya jika di Indonesia flu mudah menyerang saat pergantian cuaca dari panas ke musim hujan.

Meski cenderung ringan, tapi jika flu sudah menyerang dari kepala pusing, batuk, badan demam, hingga hidung tersumbat akan sangat menganggu aktivitas. Tenang, ada loh cara menangkal virus ini, beberapa di antaranya cenderung aneh seperti mengutip laman Times of India, Rabu (6/11/2019).

1. Konsumsi protein

Berdiet yang tepat memang punya manfaat yang beragam termasuk membasmi penyakit flu sekalipun. Nah, makanan sangat berperan penting, salah satunya protein nutrisi yang ampuh menangkal patogen penyebab flu. Tidak lupa mengonsumi vitamin C seperti buah jeruk dan tomat juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Dipijat

Pijatan lembut juga bisa membantu tetap aman dan terhindar dari terkena flu. Pijatan akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan ampuh membuat tubuh tenang dan rileks. Sebagai catataan, sering banyak orang keliru bahwa pijatan sangatlah bermanfaat sebagai pencegahan penyakit, bukan malah sebaliknya dipijat setelah sakit.

3. Pakai kaus kaki basah

Mungkin ini jadi saran paling aneh, yakni memakai kaus kaki basah saat kita menderita flu ternyata sangat membantu. Faktanya memakai kaus kaki basah saat tidur punya efek yang sepadan dengan perawatan hidroterapi dan meningkatkan daya tahan tubub.

Caranya adalah, merendam sepasang kaus kaki dalam air dingin, lalu memakinya kemudian ditutupi lagi dengan sepasang kaus kaki wol tebal. Saat bangun tidur rasakan perubahan kondisi tubuh yang membaik.

4. Konsumsi bawang mentah

Bagi yang merasa tidak kuat dengan segala sesuatu yang berbau mentah, coba deh belajar. Seperti mengonsumsi bawang mentah yang sangat ampuh melawan pilek dan flu. 

Ada dua alasan kita perlu melakukanmya, pertama karena bawang mentah bersifat antimikroba. Kedua, bawang mengandung banyak sulfur, yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Potong bawang dan rendam dalam segelas air selama enam hingga delapan jam, lalu minumlah.

5. Minum teh

Biasanya teh bukan pilihan utama saat tenggorokan bermasalah. Saat sakit flu ada baiknya meminum teh dengan campuran jahe. Tapi alih-alih teh jahe, teh hijau, hitam, dan putih jauh lebih ampuh menghangatkan tubuh.

Teh hijau, hitam atau putih mengandung antioksidan kuat yang membantu tubuh menghilangkan bakteri penyebab flu dan pilek. Bisa juga memasukkan satu sendok madu ke dalam teh.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS