Sering Minum Manis Tingkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular pada Perempuan

Angga Roni Priambodo | Fita Nofiana
Sering Minum Manis Tingkatkan Risiko Penyakit Kardiovaskular pada Perempuan
Ilustrasi perempuan minum soda

Terlalu sering minum minuman manis ternyata bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan pada perempuan.

Suara.com - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Heart Association 2020 menunjukkan, bahwa perempuan yang minum minuman manis secara rutin meningkatkan risiko panyakit kardiovaskular

Dilansir dari Science Daily, pada penelitian yang masih berlangsung sejak tahun 1995 meneliti 106.000 perempuan dengan usia rata-rata 52 tahun. Para perempuan itu belum didiagnosis menderita penyakit jantung, stroke, atau diabetes ketika mereka mendaftar dalam penelitian ini.

Para perempuan melaporkan berapa banyak dan apa yang mereka minum melalui kuesioner makanan. 

Mereka juga ditanyai soal catatan rawat inap di seluruh negara bagian digunakan untuk menentukan apakah telah mengalami serangan jantung, stroke atau operasi untuk membuka arteri yang tersumbat. 

"Meskipun penelitian ini bersifat observasional dan tidak membuktikan sebab dan akibat, kami berhipotesis bahwa gula dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dalam beberapa cara," kata pemimpin studi Cheryl Anderson, Ph.D., MPH, MS, profesor dan ketua sementara Keluarga dan Kesehatan Masyarakat, Universitas California San Diego.

"Ini meningkatkan kadar glukosa dan konsentrasi insulin dalam darah yang dapat meningkatkan nafsu makan, menyebabkan obesitas, faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular," imbuhnya. 

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa minum satu atau lebih jenis minuman manis setiap hari dikaitkan dengan kemungkinan 26 persen lebih tinggi untuk memerlukan prosedur revaskularisasi, seperti angioplasti untuk membuka arteri yang tersumbat.

Serta 21 persen kemungkinan lebih tinggi untuk mengalami stroke dibandingkan dengan perempuan yang jarang atau tidak pernah minum minuman manis. 

Minuman manis dalam penelitian ini didefinisikan sebagai minuman ringan berkalori, air kemasan manis, teh manis, dan minuman buah yang ditambahkan gula.

Ada juga perbedaan berdasarkan jenis minuman yang dikonsumsi. Minum satu atau lebih minuman buah yang ditambahkan gula setiap hari dikaitkan dengan kemungkinan 42 persen lebih besar mengalami penyakit kardiovaskular. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS