Minum Kopi 1 Liter, Aman Nggak Ya Menurut Dokter?

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Minum Kopi 1 Liter, Aman Nggak Ya Menurut Dokter?
Ilustrasi kopi. (Sumber: Shutterstock)

Beragam kedai kopi meluncurkan kopi dengan kemasan besar satu liter untuk dikonsumsi di rumah. Adakah dampak kesehatannya menurut dokter?

Suara.com - Beragam kedai kopi meluncurkan kopi dengan kemasan besar satu liter untuk dikonsumsi di rumah. Adakah dampak kesehatannya menurut dokter?

Praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam menyarankan untuk tidak menghabiskan kopi kemasan 1 liter dalam waktu sehari, karena dampak kelebihan kafein dalam kopi bisa memicu penyakit berbahaya.

"Dampak kafein jantung berdebar efeknya hipertensi, orang hipertensi tidak boleh minum kopi bisa meningkatkan tekanan darah," ujar Prof. Ari dalam IG LIVE, Kamis (24/9/2020).

Dalam satu cangkir kopi biasanya terkandung 50 miligram kafein, tubuh masih bisa mentolelir 1 hingga 3 cangkir kopi berkisar 450 cc sehari.

Baca Juga: Sering Minum Kopi Bisa Tingkatkan Asam Lambung, Mitos atau Fakta?

Tapi dalam satu botol kopi terkandung 1000 cc, artinya ada sekitar 4 hingga 5 cangkir, dan itu berbahaya jika dikonsumsi dalam waktu sehari.

"Makanya beberapa hari lalu pasien datang ke saya, anak muda lambungnya kambung, ternyata dia beli kopi satu liter, ternyata maksudnya mau irit tapi tidak memikirkan dampaknya," papar Prof. Ari.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu juga mengingatkan pentingnya melihat takaran kafein dalam secangkir kopi.

Jangan lupa juga batasan jumlah kopi yang bisa ditolerir tubuh.

Bagus apabila kemasan kopi satu liter itu bisa dikonsumsi dalam jangka waktu satu hingga tiga hari.

Baca Juga: 5 Cara Perawatan Rambut Alami dengan Kopi

Tapi apabila harus diminum dalam sehari karena bisa basi, bukannya irit justru memicu penyakit.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS