alexametrics

Turunkan Hipertensi, Coba Konsumsi 3 Jenis Minuman Ini!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Turunkan Hipertensi, Coba Konsumsi 3 Jenis Minuman Ini!
Teh kembang sepatu (Pixabay/Free-Photos)

Beberapa minuman dipercaya bisa menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi, salah satunya teh kembang sepatu.

Suara.com - Hipertensi terjadi ketika kekuatan tekanan darah ke dinding pembuluh darah terlalu tinggi secara konsisten. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan beban kerja jantung dan pembuluh darah.

Dampaknya, kinerja jantung tidak akan efisien dan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Karena itu, Anda harus menjaga takanan darah agar tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah.

Dilansir dari Express, ada beberapa minuman yang bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan Anda bisa menemukannya dengan mudah.

1. Teh kembang sepatu

Baca Juga: Sean Connery Pneumonia, Ternyata Ini Bisa Sebabkan Gagal Jantung!

Penelitian yang diterbitkan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, telah menganalisis penggunaan kembang sepatu dalam menurunkan tekanan darah pada orang dewasa pra-hipersensitif dan hipertensi.

Hasilnya menunjukkan kembang sepatu adalah bahan yang ditemukan dalam banyak campuran teh herbal dan minuman lain. Kembang sepatu memiliki sifat antioksidan dan ekstrak kelopaknya telah menunjukkan sifat hipokolesterolemia serta antihipertensi.

Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)
Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

"Uji klinis acak pada 65 orang dewasa pra dan hipertensi ringan, usia 30-70 tahun tanpa minum obat penurun tekanan darah (BP). Tapi minum 240 mL/d teh kembang sepatu dan minum plasebo selama 6 minggu," jelas studi dikutip dari Express.

Pada enam minggu, teh kembang sepatu bisa menurunkan tekanan darah sistolik (SBP) dibandingkan dengan plasebo. Studi ini punmenyimpulkan bahwa minum teh kembang sepatu setiap hari bisa menurunkan tekanan darah orang dewasa.

Minuman ini bermanfaat bagi orang yang prahipertensi dan hipertensi ringan. Selain itu, minuman ini juga membantu perubahan pola makan untuk orang pemilik tekanan darah tinggi lebih efektif.

Baca Juga: Aktor James Bond Meninggal Karena Pneumonia, Kenali Faktor Risikonya!

2. Jus delima

Komentar