Terlalu Banyak Minum Susu, Apa yang Akan Terjadi pada Tubuh?

Vania Rossa, Aflaha Rizal Bahtiar

Selasa, 16 Februari 2021 | 15:10 WIB
Terlalu Banyak Minum Susu, Apa yang Akan Terjadi pada Tubuh?
Ilustrasi susu. (Shutterstock)

Suara.com - Banyak orang sepakat bahwa susu sangat baik untuk kesehatan, karena merupakan sumber kalsium yang baik dan berkontribusi pada kesehatan tulang. Tetapi tahukah Anda bahwa terlalu banyak minum susu ternyata tak baik untuk kesehatan?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, ditemukan bahwa wanita yang minum tiga gelas susu atau lebih setiap hari berisiko hampir dua kali lipat terkena penyakit kardiovaskular. Tidak hanya itu, terlalu banyak minum susu juga berisiko meningkatkan risiko kanker sebesar 44%.
Melansir dari Healthshots, ini dia 4 efek samping yang mungkin terjadi ketika Anda terlalu banyak minum susu.

1. Mual
Menurut American National Institutes of Health, 65% orang dewasa memiliki beberapa bentuk intoleransi laktosa. Mual adalah salah satu gejala paling umum, dan dalam kasus ekstrim, mereka bisa mengalami muntah setelah mengonsumsi segala bentuk produk susu yang mengandung laktosa, termasuk susu, es krim, dan keju.

2. Menyebabkan kembung dan masalah pencernaan
Ini adalah gejala yang tidak hanya terjadi pada mereka yang mengalami intoleransi laktosa, tetapi bahkan pada mereka yang tidak mengalaminya. Minum terlalu banyak susu dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, kram, dan diare. Jika tubuh Anda tidak dapat memecah laktosa dengan baik, laktosa masuk melalui sistem pencernaan dan dipecah oleh bakteri usus. Karena alasan ini, gas dan masalah pencernaan lainnya bisa terjadi.

3. Dapat menyebabkan jerawat
Dipercaya bahwa susu yang tersedia saat ini mengandung hormon pengatur pertumbuhan. Dan hal ini diketahui dapat memperburuk jerawat dengan mengganggu regulasi insulin melalui sesuatu yang disebut insulin-like growth factor-1. Tidak seperti persepsi populer, susu skim dapat memperburuk jerawat, sehingga lebih baik mengonsumsi susu sapi berlemak penuh, yang umumnya tidak disuntik dengan hormon.

4. Dapat menyebabkan beberapa jenis kanker
Ada sangat sedikit penelitian tentang hal ini, tetapi beberapa terus mengatakan bahwa terlalu banyak susu dapat menyebabkan jenis kanker tertentu seperti prostat atau kanker payudara. Sebagian besar studi ini bersifat epidemiologis, yang berarti bahwa mereka melihat tren konsumsi dan penyakit pada orang dari waktu ke waktu.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Sakit Perut dan Diare setelah Minum Susu? Mungkin Anda Intoleransi Laktosa

Sakit Perut dan Diare setelah Minum Susu? Mungkin Anda Intoleransi Laktosa

Health | Senin, 15 Februari 2021 | 16:00 WIB

Positif Virus Corona, ASI Wanita Ini Berubah Warna Hijau Neon

Positif Virus Corona, ASI Wanita Ini Berubah Warna Hijau Neon

Health | Sabtu, 13 Februari 2021 | 19:54 WIB

Tak Kalah Bernutrisi, Ketahui Manfaat Mengonsumsi Oat Milk

Tak Kalah Bernutrisi, Ketahui Manfaat Mengonsumsi Oat Milk

Health | Sabtu, 13 Februari 2021 | 17:27 WIB

Terkini

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Health | Kamis, 11 Juni 2026 | 21:51 WIB

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Health | Rabu, 10 Juni 2026 | 17:20 WIB

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 16:57 WIB

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 14:09 WIB

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 11:10 WIB

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 08:05 WIB

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 16:48 WIB

Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?

Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 14:30 WIB

Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya

Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 11:00 WIB

Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak

Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak

Health | Sabtu, 06 Juni 2026 | 12:12 WIB