alexametrics

Kembali Dapat Jatah 10 Juta Vaksin Covid-19, Kemenkes: Indonesia Beruntung

Risna Halidi | Lilis Varwati
Kembali Dapat Jatah 10 Juta Vaksin Covid-19, Kemenkes: Indonesia Beruntung
Sebanyak 10 juta vaksin COVID-19 dari Sinovac dalam bentuk bahan baku atau bulk telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa (2/3/2021) siang ini. (Ist)

Menurut Dante, Indonesia beruntung bisa mengamankan vaksin Covid-19 di tengah tingginya kebutuhan dunia.

Suara.com - Indonesia kembali mendapatkan dosis 10 juta vaksin Covid-19 hari ini, 2 Maret 2020, atau tepat satu tahun paska kasus Covid-19 pertama tercatat di Tanah Air. 

Sebanyak 10 juta dosis vaksin Covid-19 tersebut masih datang dari farmasi China yaitu Sinovac, yang datang dalam bentuk bulk dan baru saja mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

Kedatangan vaksin tahap kelima ini membuat total dosis vaksin Covid-19 di Indonesia ada sebanyak 38 juta.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengatakan, 10 juta dosis vaksin akan digunakan untuk program vaksinasi tahap kedua yang menargetkan 16,9 juta petugas layanan publik dan 21,5 juta kelompok masyarakat lanjut usia 60 tahun ke atas. 

Baca Juga: Jadi Ancaman Vaksinasi, Filipina Catat 6 Kasus Virus Corona Afrika Selatan

"Kehadiran vaksin Covid-19 tahap kelima menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam melindungi masyarakat dan mengakhiri pandemi melalui program vaksinasi gratis,” kata Dante melalui keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Selasa (2/3/2021).

Ia menjelaskan bahwa sepuluh juta vaksin bulk dosis vaksin dalam enam envirotainer dibawa dua unit truk ke BioFarma di Bandung. Kedatangan itu jadi yang ketiga kalinya dalam bentuk bulk yang kemudian diproduksi oleh BioFarma. 

Proses evaluasi terhadap vaksin yang baru tiba ini tetap dilakukan oleh BadanPOM untuk menjamin keamanan, mutu, dan khasiat dari vaksin Covid-19.

"Ke depannya secara bertahap akan datang 185 juta vaksin dari Sinovac. Kita juga masih menunggu vaksin dari dari PfizerBioNTech, AstraZeneca, dan Novavax. Kedatangan ini dibantu oleh Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Bea Cukai sehingga akses lebih mudah dan prosesnya lancar," tutur Dante.

Vaksin Covid-19 sebagai salah satu intervensi kesehatan dianggap efisien menyelamatkan nyawa dari paparan virus corona jenis baru tersebut.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Bandung Alami Ini Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Menurut Dante, Indonesia beruntung bisa mengamankan vaksin Covid di tengah tingginya kebutuhan di dunia.

Komentar