alexametrics

4 Tips Sehat Selama Lebaran setelah Sebulan Berpuasa Ramadhan

Rifan Aditya
4 Tips Sehat Selama Lebaran setelah Sebulan Berpuasa Ramadhan
4 Tips Sehat Selama Lebaran setelah Sebulan Berpuasa Ramadhan - Ilustrasi makanan sehat (shutterstock)

Berikut ini tips sehat selama lebaran setelah sebulan berpuasa.

Suara.com - Selepas sebulan menjalankan ibadah puasa, tiba masanya seluruh umat muslim merayakan hari lebaran. Saat lebaran, banyak yang kalap dengan menyantap berbagai menu makanan. Berikut ini tips sehat selama lebaran setelah sebulan berpuasa.

Setiap tahunnya, seluruh umat Islam di dunia merayakan Idul Fitri selepas menjalan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Tahun ini, Idul Fitri dirayakan serentak pada 13 Mei 2021. Pada perayaan Idul Fitri, tak sedikit orang yang kalap dengan mengonsumsi berbagai makanan secara berlebihan. Padahal hal itu bisa saja membuat kesehatan terganggu. Maka dari itu simak tips sehat selama lebaran setelah sebulan berpuasa.

Tips Jaga Sehat Selama Lebaran setelah Sebulan Berpuasa

Agar kesehatan tidak terganggu selama lebaran karena banyak mengonsumsi makanan, berikut ini tips sehat selama lebaran selepas puasa Ramadhan. Simak ya!

Baca Juga: Orang Ini Pamer Nastar Gerhana, Warganet Syok Pas Lihat Penampakannya

1. Hindari Kue Kering 

Agar saat lebaran kesehatan tetap terjaga, pastikan kamu menghindari kue kering saat kondisi perut kosong. Perlu diketahui, hampir semua kue kering menggunakan mentega atau margarin yang ada kandungan lemak trans (lemak jahat).

Lemak trans ini dapat memicu kenaikan asam lambung. Jika kamu mengonsumsi secara berlebihan, maka dapat membuat kadar kolesterol jahat dalam darah jadi meningkat.

2. Hindari Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Hampir semua menu makanan khas Lebaran mengandung kadar lemak yang tinggi, seperti opor, gulai, gorengan, dan rendang.

Baca Juga: Sepele tapi Penting, Penanda di Toples Kue Kering Ini Disebut Penyelamat

Selain memicu berat badan meningkat, makanan tinggi lemak juga dapat meningkatkan risiko penyakit lambung. Oleh karena itu, ada baiknya jangan terlalu berlebihan konsumsi makanan tinggi lemak.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Komentar