alexametrics
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Minuman Penambah Imun Bisa Tangkal Infeksi Covid-19?

M. Reza Sulaiman
CEK FAKTA: Minuman Penambah Imun Bisa Tangkal Infeksi Covid-19?
Ilustrasi minuman penambah imun alami. (Pixabay/ExplorerBob)

Viral di media sosial, resep minuman penambah imun yang disebut-sebut bisa menangkal infeksi Covid-19. Simak penelusuran dan cek fakta dari Suara.com berikut ini.

Suara.com - Cek fakta Suara.com kali ini menelusuri tentang resep minuman penambah imun yang disebut-sebut bisa menangkal infeksi Covid-19. Resep minuman yang diklaim penambah imunitas tubuh itu sempat viral di media sosial.

Akun Catatan.Sidokter di Instagram membagikan unggahan yang menyebut minum minuman penambah imun yang terbuat dari bahan alami bisa menangkal infeksi bakteri, jamur, hingga virus termasuk Covid-19.

Berikut petikan unggahan tertanggal 17 Juli 2021 tersebut:

“Minuman penambah imun berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri, jamur, dan virus termasuk virus corona.

Baca Juga: CEK FAKTA: Gudang Senjata di China Meledak karena Kebakaran Pagi Ini?

Minuman penambah daya tahan tubuh ini terbuat dari bahan alami seperti buah-buahan dan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat.

Dengan mengonsumsi minuman penambah imunitas secara rutin, maka tubuh tidak mudah terinfeksi penyakit COVID-19.”

Ilustrasi minuman penambah imun herbal (shutterstock)
Ilustrasi minuman penambah imun herbal (shutterstock)

Benarkah demikian?

Penelusuran Suara.com menemukan bahwa berdasarkan laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) cara terbaik menangkal dan mencegah infeksi Covid-19 adalah dengan melakukan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan yang wajib dipatuhi antara lain menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga jarak ketika bersosialisasi dengan orang lain, dan mencuci tangan mengunakan sabun.

Baca Juga: CEK FAKTA: Geger Kabar Mata Pasien COVID-19 diambil Diam-diam, Video Ditonton Ribuan Kali

Hal ini senada dengan temuan Turnbackhoax.id yang mengatakan pedoman mencegah penularan Covid-19 sudah diberikan oleh pemerintah.

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar