alexametrics

Covid-19 Bisa Menular dari Air Mata dan Berita Kesehatan Menarik Lainnya

M. Reza Sulaiman
Covid-19 Bisa Menular dari Air Mata dan Berita Kesehatan Menarik Lainnya
Ilustrasi Covid-19. (Pexels)

Temuan baru tentang Covid-19 yang bisa menular dari air mata menjadi berita kesehatan menarik paling banyak dibaca hari ini, Selasa (17/8/2021).

Suara.com - Temuan baru tentang Covid-19 yang bisa menular dari air mata menjadi berita kesehatan menarik paling banyak dibaca hari ini, Selasa (17/8/2021).

Ada juga pertanda Anda kekurangan vitamin D hingga cara mengenalkan makna kemerdekaan pada anak.

Simak rangkuman berita kesehatan menarik lainnya dari Suara.com, berikut ini:

1. Bukan Cuma Liur, Penelitian Sebut Covid-19 Bisa Menular dari Air Mata

Baca Juga: Dampak Buruk Covid-19 Bisa Bikin Lemot, Kok Bisa?

Ilustrasi Menangis (pixabay)
Ilustrasi Menangis (pixabay)

Studi terbaru menemukan bahwa air mata pasien Covid-19, baik yang memiliki penyakit mata maupun tidak berpotensi menularkan infeksi ke orang lain. Penelitian ini dilakukan olah Government Medical College, Amritsar.

Melansir dari Healthshot, umumnya virus corona menyebar melalui lendir atau tetesan yang dikeluarkan oleh batuk atau bersin.  Sebuah studi baru-baru ini oleh Government Medical College, Amritsar menemukan bahwa air mata pasien Covid-19 berpotensi menularkan infeksi ke saluran pernapasan ke orang lain.

Baca selengkapnya

2. Waspada, 5 Kondisi Ini Jadi Pertanda Anda Kekurangan Vitamin D

Ilustrasi Vitamin D. [Shutterstock]
Ilustrasi Vitamin D. [Shutterstock]

Vitamin D pertama kali ditemukan pada tahun 1920 oleh Sir Edward Mellanby. Dulu, vitamin D dianggap sebagai obat untuk 'rakhitis', penyakit tulang di masa kanak-kanak. Namun kini, kita semua tahu bahwa vitamin D berperan penting dalam menjaga tulang kuat, membantu mengurangi kecemasan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Baca Juga: Anies Sebut Positivity Rate COVID-19 di DKI Terus Menuju Ambang Aman

Kekurangan vitamin D dalam tubuh dapat membuat tulang lemah dan menyebabkan kelainan bentuk tulang. Pada anak-anak, defisiensi vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, dan pada orang dewasa dapat menyebabkan osteomalacia, yang menyebabkan nyeri pada tulang. Ini juga dapat menyebabkan depresi, rambut rontok, kelemahan otot, dan kelesuan.

Baca selengkapnya

3. Kenalkan Makna Kemerdekaan Pada Anak, Ini yang Perlu Diperhatikan Orangtua

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021)
Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021)

Mengenalkan makna kemerdekaan menjadi salah satu tujuan dirayakannya Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus.

Terkait hal ini, psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi mengatakan cara mengenalkan makna kemerdekaan pada anak tidak melulu lewat perlombaan.

Baca selengkapnya

4. Varian Baru Virus Corona Covid-19 Terus Bermunculan, Apakah Selalu Lebih Berbahaya?

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Varian baru virus corona Covid-19 terus bermunculan. Hingga saat ini, tercatat ada empat varian baru yang dikategorikan sebagai variant of concern (VoC) yang terdeteksi di Indonesia, yakni varian Delta, Alfa, Gamma dan Beta.

Varian Delta pertama terdeteksi dari sampel yang diambil pada bulan Januari lalu di Jakarta dan Palembang. Sifatnya yang mudah menular menyebabkan cepat menyebar ke 16 provinsi dan membuat sistem kesehatan di Indonesia kewalahan.

Baca selengkapnya

5. HUT Kemerdekaan RI ke-76: Simak Sejarah Perjuangan Indonesia untuk Merdeka dari Covid-19

Ilustrasi covid-19. (Pexels)
Ilustrasi covid-19. (Pexels)

Untuk kedua kalinya Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI di tengah pandemi Covid-19. Artinya Indonesia masih berjuang untuk segera merdeka dan keluar dari pandemi.

Jubir Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan kilas balik perjuangan bangsa Indonesia melawan pandemi, yang berhasil suara.com rangkum dari konferensi pers, Selasa (17/8/2021).

Baca selengkapnya

Komentar