Studi: Keseringan Makan Ikan Berisiko Alami Kanker Kulit Mematikan, Kok Bisa?

Bimo Aria Fundrika

Kamis, 09 Juni 2022 | 14:18 WIB
Studi: Keseringan Makan Ikan Berisiko Alami Kanker Kulit Mematikan, Kok Bisa?
Ilustrasi ibu hamil makan ikan [shutterstock]

Suara.com - Selama ini ikan dikenal sebagai hidangan penuh nutrisi yang baik bagi kesehatan. Tapi, menurut sebuah studi tersbaru, makan ikan secara teratur meningkatkan risiko kanker kulit.

Dilansir dari The SUN, mereka menemukan mereka yang mengonsumsi 43 gram ikan setiap hari - kira-kira dua porsi mingguan - 22 persen lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit daripada mereka yang jarang makan.

Para ilmuwan berpikir polutan yang ditemukan dalam makanan laut bisa berada di balik mata rantai tersebut.

NHS mengatakan diet sehat harus mencakup dua porsi 140g ikan berminyak (salmon, sarden atau trout) setiap minggu. Para ahli lain mengatakan tidak perlu berhenti memakannya, meskipun ada temuan yang mengkhawatirkan.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Causes & Control, mengamati asupan 491.367 orang dewasa.

ilustras ikan salmon (Pixabay/picjumbo_com).
ilustras ikan salmon (Pixabay/picjumbo_com).

Peneliti utama Eunyoung Cho, dari Brown University di AS, mengatakan: “Temuan kami telah mengidentifikasi hubungan yang memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

“Kami berspekulasi bahwa temuan kami mungkin dapat dikaitkan dengan kontaminan pada ikan, seperti bifenil poliklorin, dioksin, arsenik, dan merkuri.

"Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa asupan ikan yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat kontaminan yang lebih tinggi di dalam tubuh dan telah mengidentifikasi hubungan antara kontaminan ini dan risiko kanker kulit yang lebih tinggi."

Sekitar 16.200 orang didiagnosis dengan melanoma setiap tahun di Inggris, menjadikannya kanker paling umum kelima. Mengomentari penelitian tersebut, para ahli Inggris mengatakan tidak ada alasan bagi orang untuk mengubah pola makan mereka.

Dr Michael Jones, dari Institute of Cancer Research, London, mengatakan: "Para penulis menemukan asupan yang lebih tinggi dari ikan dan tuna yang tidak digoreng dikaitkan dengan melanoma.

"Hasil ini signifikan secara statistik dan karena itu tidak mungkin karena kebetulan.

“Tidak ada satu penelitian yang harus dipertimbangkan secara terpisah dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat apakah temuan dari penelitian ini direplikasi.

"Diet seimbang yang sehat secara umum harus mencakup ikan dan hasil dari penelitian ini tidak mengubah rekomendasi itu."

Prof Stephen Duffy, Profesor Skrining Kanker, Queen Mary University of London menambahkan bahwa hasil penelitian ini sangat mengejutkan. Namun, dia mengatakan petugas medis telah mengajukan lebih banyak pertanyaan daripada yang mereka jawab di koran.

“Estimasi efek konsumsi ikan terhadap risiko kecil,” kata Prof Duffy.

"Peningkatan 1.200 persen dalam konsumsi rata-rata dikaitkan dengan hanya peningkatan 22 persen risiko melanoma.

"Orang mungkin berspekulasi bahwa mungkin ada pembauran dengan memancing, baik sebagai kegiatan rekreasi atau pekerjaan, yang akan memberikan paparan sinar matahari yang lebih tinggi.

"Juga, fakta bahwa dengan ikan goreng tidak ada peningkatan risiko, dan bahkan mungkin penurunan, memerlukan beberapa penjelasan."

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Benarkah Galon Guna Ulang Berisiko Kanker dan Berbagai Penyakit? Ini Kata BPOM

Benarkah Galon Guna Ulang Berisiko Kanker dan Berbagai Penyakit? Ini Kata BPOM

Health | Kamis, 09 Juni 2022 | 12:35 WIB

Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Makan Daging Jenis Ini!

Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Makan Daging Jenis Ini!

Health | Kamis, 09 Juni 2022 | 11:28 WIB

Penelitian AS: Makan Ikan 2 Porsi Seminggu Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Penelitian AS: Makan Ikan 2 Porsi Seminggu Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Health | Kamis, 09 Juni 2022 | 10:56 WIB

Terkini

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 12:50 WIB

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 09:06 WIB

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Health | Kamis, 11 Juni 2026 | 21:51 WIB

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Health | Rabu, 10 Juni 2026 | 17:20 WIB

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 16:57 WIB

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 14:09 WIB

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 11:10 WIB

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 08:05 WIB

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 16:48 WIB

Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?

Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?

Health | Senin, 08 Juni 2026 | 14:30 WIB