Mudik Berisiko Tularkan Corona, Yurianto: Kuatkan Diri Agar Tak Bepergian

Agung Sandy Lesmana | Yosea Arga Pramudita
Mudik Berisiko Tularkan Corona, Yurianto: Kuatkan Diri Agar Tak Bepergian
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (5/3). [ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

"Kuatkan bahwa kita tidak akan bepergian, tidak mudik, karena ini akan menambah risiko,"

Suara.com - Angka kasus positif virus corona Covid-19 di Indonesia terus melonjak setiap harinya. Merujuk pada data hari Senin (6/4/2020), ditemukan sebanyal 218 kasus baru.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto tetap meminta masyarakat untuk mengurungkan niat mudik Hari Raya Lebaran. Alasannya, hal itu untuk mencegah risiko penyebaran Covid-19 yang mudah menular.

"Kuatkan bahwa kita tidak akan bepergian, tidak mudik, karena ini akan menambah risiko," ujar Yuriato di Gedung BNPB, Senin sore.

Yurianto menilai, cara semacam itu merupakan bagian dari kebijakan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Maka dari itu, dia meminta agar masyarakat tetap patuh pada protokol kesehatam gua memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Ini adalah tindak lanjut dari upaya untuk menjaga jarak, secara fisik secara lebih besar lagi agar kita yakini bahwa transmisi dari orang yang sakit kepada orang yang sehat bisa kita hentikan," sambungnya.

Selain kasus positif Covid-19, angka kematian akibat virus tersebut juga bertambah. Terdapat 11 pasien yang meninggal sehingga totalnya menjadi 209 orang. Sementara itu, juga ditemukan 28 pasien yang sembuh sehingga totalnya menjadi 192 orang.

"Kemudian sembuh 28 orang sehingga total menjadi 192 orang. kemudian masih ada pertambahan kasus yang meninggal sebanyak 11 orang sehingga total menjadi 209," kata dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS