Mendag: Keberadaan Pasar Tradisional Harus Dilestarikan

Doddy Rosadi
Mendag: Keberadaan Pasar Tradisional Harus Dilestarikan
Menteri Perdagangan M Lutfi. (Antara/Fanny Octavianus)

Pasar modern bukan pesaing pasar tradisional.

Suara.com - Tumbuhnya pasar modern seperti super market itu bukan menjadi pesaing bagi pasar tradisional karena pangsa pasarnya juga bebeda. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan,  pasar tradisional punya konsumen sendiri sehingga keberadaanya harus dilestarikan.

Lutfi  mengatakan, selama ini banyak masyarakat berpendapat tumbuhnya pasar modern akan mempengaruhi pembelian di pasar tradisional. Anggapan itu tidak benar karena peminat pasar tradisional masih cukup banyak.

“Apalagi pasar tradisional buka sejak pagi atau mulai fajar, sementara pasar modern diatas jam 09.00 WIB. Itu sebenarnya dapat mempengaruhi pasar modern, karena ibu rumah tangga umumnya membeli kebutuhan pokok termasuk sayur mayor sejak pagi,” kata Lutfi.

Namun, lanjut dia, yang lebih penting lagi agar meminat pasar tradisional lebih banyak maka perawaratannya harus selalu terjaga.

“Saluran air dan ruang dipasar tersebut harus selalu terjaga sehingga pembeli tidak gerah. Yang jelas, pasar tradisional omzetnya bisa tumbuh hingga 70 persen asal selalu terawat,” ungkapnya. (Antara)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS