Alexa

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kontraktor Rumah

Angelina Donna
6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kontraktor Rumah

Kontraktor profesional umumnya kerap memasukkan berbagai gambar dan penjelasan mengenai proyek yang telah berhasil mereka bangun

Suara.com - Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang lebih saat menyewa jasa kontraktor untuk mewujudkan hunian idaman mereka. Harapannya tentu untuk mendapatkan hasil bangunan yang berkualitas dan sesuai keinginan. Terlebih lagi, pembangunan pun dapat rampung tepat waktu.

Sebelum menjatuhkan pilihan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dulu. Jangan sampai terjebak kerja sama dengan kontraktor abal-abal, sehingga mengakibatkan kerugian! Berikut yang harus dipertimbangkan:

Testimoni Pengguna Terdahulu

Langkah pertama saat sebelum memilih kontraktor adalah melakukan riset mengenai track record mereka. Selain bertanya pada teman, mengetahui testimoni dari pengguna sebelumnya pun bisa dijadikan referensi. Mudah saja, cukup mencari ulasan seputar kontraktor tersebut di internet.

Berbadan Hukum

Setelah memeriksa sepak terjangnya, periksa dulu apakah kontraktor tersebut memiliki kantor yang jelas, berbadan hukum, serta mengantongi izin resmi. Apabila beberapa syarat tersebut telah dimiliki, maka kredibilitas dari kontraktor tersebut tidak perlu dipertanyakan lagi.

Melihat Hasil Kerja

Kontraktor profesional umumnya kerap memasukkan berbagai gambar dan penjelasan mengenai proyek yang telah berhasil mereka bangun. Portofolio tersebut bisa ditemukan pada website ataupun media sosial milik mereka. Hati-hati, bisa saja kontraktor memalsukan hasil kerja mereka!

Saat sudah memilih kontraktor yang ingin diajak bekerja sama, cobalah lakukan cross checked. Caranya, bisa dengan menghubungi klien yang telah mereka tangani ataupun langsung mengecek lokasi proyek garapan tersebut.

Pilih yang Sudah Spesialis

Memiliki impian untuk membangun rumah dengan gaya tertentu? Lebih baik pilihlah kontraktor yang memiliki spesialisasi dalam membangun gaya desain tersebut. Hasil bangunan rumah yang didapatkan bisa lebih detail dan juga maksimal.

 Jangan hanya karena harganya murah dan portofolionya kelihatan menarik, kemudian langsung buru-buru menjatuhkan pilihan. Salah memilih, bisa-bisa hasil yang sudah dibuat oleh kontraktor tersebut tidak sesuai dengan keinginan awal.

Harga Masuk Akal

Saat menemukan kontraktor yang menawarkan paket murah, jangan senang dulu! Begitu pula ketika menemukan yang menawarkan paket lengkap dengan harga yang mahal. Bisa jadi harga tersebut merupakan hasil kalkulasi yang tidak cermat.

Tak Segan Berikan Garansi

Kontraktor yang profesional umumnya tak segan memberikan garansi pada kliennya. Apabila dalam beberapa waktu setelah pembangunan terjadi kerusakan, cukup melaporkan ke pihak kontraktor, maka mereka pun akan langsung melakukan perbaikan. Jika menemukan kontraktor yang demikian, lebih tenang bukan?

 

Artikel ini bekerjasama dengan Urbanindo.com

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS