alexametrics

Catat, Ini 7 Manfaat Mengikuti Workshop untuk Karier Anda!

Arsito Hidayatullah
Catat, Ini 7 Manfaat Mengikuti Workshop untuk Karier Anda!
Ilustrasi pekerja kantor, workshop, karier. [Shutterstock]

Ingin mengenal workshop lebih dalam dan mengetahui manfaatnya dalam karier? Simak ulasan lengkapnya di sini!

Suara.com - Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah workshop, baik jika Anda seorang fresh graduate atau lulusan baru, maupun karyawan yang sudah bekerja. Workshop memang dinilai memberikan beragam manfaat dalam mengembangkan karier.

Tidak hanya ilmu yang bermanfaat, tapi Anda juga berkesempatan menambah networking atau jaringan, teman, hingga skill yang belum dimiliki sebelumnya. Ingin mengenal workshop lebih dalam dan mengetahui manfaatnya dalam karier? Langsung saja, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Workshop

Banyak orang yang beranggapan bahwa workshop sama dengan seminar, padahal keduanya sedikit berbeda. Perbedaannya ada pada keaktifan peserta, di mana peserta dari seminar bersifat lebih pasif dan hanya mendengarkan saja, sedangkan peserta workshop lebih aktif.

Baca Juga: Survei Kartu Prakerja, Hanya 9,1 Persen yang Berniat Ikuti Pelatihan

Pada umumnya, bentuk dari workshop ini ada dua macam, yaitu workshop dengan pelatihan langsung dan workshop berbentuk diskusi. Contoh dari workshop pelatihan langsung misalnya workshop make up, melukis, merangkai bunga, menulis, desain, dan lain sebagainya. Sedangkan workshop diskusi contohnya yaitu workshop ilmu marketing tentang alat pemasaran.

Selain berbeda dari keaktifan pesertanya, workshop dan seminar juga bisa dibedakan dari banyaknya peserta yang ikut, serta durasi pelatihannya. Workshop pada umumnya memiliki peserta lebih kecil agar proses pembelajaran lebih efektif. Terkadang workshop juga dilakukan dalam waktu yang lama, hingga berhari-hari dengan pembahasan dan praktik yang lebih banyak.

Keuntungan Mengikuti Workshop untuk Karier

Setelah mengetahui apa itu workshop, maka selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja keuntungan dari mengikuti pelatihan ini, terutama bagi karier yang akan dijalani. Langsung saja, berikut ini adalah keuntungannya:

1. Menambah Skill dan Wawasan

Baca Juga: Ingin Karier Melejit? Milenial Wajib Pahami Dulu 4 Etika Dunia Kerja Ini!

Skill atau kemampuan dan juga wawasan baru merupakan dua hal yang pasti Anda dapatkan setelah mengikuti workshop. Workshop yang lebih berbentuk diskusi membuatmu bisa bertukar pikiran dengan peserta lain, sehingga menambah wawasan serta sudut pandang baru.

Komentar