alexametrics

Kementan Sediakan Alsintan untuk Jadikan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern

Fabiola Febrinastri
Kementan Sediakan Alsintan untuk Jadikan Pertanian Maju, Mandiri dan Modern
Dirjen PSP Kementan, Sarwo Edhy. (Dok : Kementan)

Produk pertanian Indonesia diharapkan bisa berorientasi ekspor.

Suara.com - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, berbagai langkah ditempuh Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menjadikan pertanian Indonesia maju, mandiri, dan modern. Salah satunya dengan mekanisasi pertanian di berbagai daerah.

Untuk tujuan tersebut, sebanyak 1 unit cultivator, 1 unit pompa air, 5 unit hand spayer dan 1 unit mesin penanam padi (rice transplanter) diberikan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk Kelompok Tani (Poktan) Ngudi Makmur, Kecamatan Magelang Utara, Jawa Tengah dan untuk Poktan Tunas Jaya dan Makmur Selatan masing-masing berupa 1 unit cultivator.

Dirjen PSP Kementan, Sarwo Edhy. (Dok : Kementan)
Dirjen PSP Kementan, Sarwo Edhy. (Dok : Kementan)

Bantuan alat mesin pertanian (alsintan) ini disalurkan melalui aspirasi Komisi IV DPR.

"Saya merespons positif optimalisasi alsintan sebagai langkah dalam mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern,” ujarnya, Jakarta, Selasa (6/10/2020).

Baca Juga: Kondisi Alam Pulau Buru Dinilai Menjanjikan untuk Produktivitas Pertanian

Syahrul menjelaskan, penggunaan teknologi diharapkan mampu meningkatkan produksi padi pada tahun-tahun mendatang. Produk pertanian Indonesia diharapkan bisa berorientasi ekspor.

“Dengan teknologi, saya berharap tidak mendengar adanya penurunan produksi. Gunakanlah alat canggih yang ada supaya kita bisa ekspor. Kita harus serius dalam mengurus pertanian ini,” pintanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy mengatakan, level mekanisasi pertanian Indonesia terus meningkat dengan bantuan alsintan secara besar-besaran untuk para petani sejak akhir tahun 2014.

Dirjen PSP Kementan, Sarwo Edhy. (Dok : Kementan)
Dirjen PSP Kementan, Sarwo Edhy. (Dok : Kementan)

Jenis-jenis yang diberikan pemerintah, antara lain traktor roda 2, traktor roda 4, pompa air, rice tranplanter, chopper, cultivator, excavator, hand sprayer, alat tanam jagung, backhoe loader, rotatanam, grain seeder, mist blower dan penyiang gulma.

“Yang biasa panen sekali, kini bisa menjadi dua kali. Yang biasanya dua kali, sekarang menjadi tiga kali dengan memanfaatkan Alsintan,” katanya.

Baca Juga: Kementan Salurkan 11 Ribu Kartu Tani di Kotawaringin Barat

Pengertian level mekanisasi pertanian adalah penggunaan daya alsintan terhadap luas areal yang ter-cover. Menurutnya, alsintan berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan petani dan tingkat produksi tanaman pangan Indonesia juga terus meningkat.

Komentar