Peneliti Sebut Minuman Manis Bisa Memicu Pertumbuhan Kanker

Ade Indra Kusuma

Kamis, 11 Juli 2019 | 19:00 WIB
Peneliti Sebut Minuman Manis Bisa Memicu Pertumbuhan Kanker
Ilustrasi minuman manis (Shutterstock)

Suara.com - Apakah Minuman Manis Menyebabkan Kanker?

Minuman manis atau minuman bergula seperti jus buah-buahan dan minuman berperisa lainnya kembali dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit kanker.

Hal itu diungkapkan oleh para ilmuwan dari Université Sorbonne di Paris, Perancis.

Melalui studi yang telah dipublikasikan dalam British Medical Journal, ilmuwan Perancis melibatkan lebih dari 100 ribu orang responden untuk melakukan penelitian selama lima tahun.

Para ilmuwan dari Perancis mendefinisikan minuman bergula sebagai minuman yang memiliki 5 persen kandungan gula.

Termasuk diantaranya adalah minuman jus buah meski tanpa tambahan gula, minuman ringan, milkshakes manis, minuman berenergi dan teh atau kopi dengan tambahan gula.

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Para ilmuwan kemudian menemukan kesimpulan bahwa setiap mengonsumsi tambahan 100 ml minuman bergula sehari dapat meningkatkan pertumbuhan kanker sampai 18 persen.

Dan setiap 1000 orang responden, rata-rata ada 22 kasus kanker yang ditemukan selama penelitian.

Selama penelitian berlangsung, ilmuwan menemukan 2,193 kasus kanker. Total 693 kasus kanker payudara, 291 kanker prostat dan 166 kanker usus.

Lalu, apakah ini artinya minuman manis benar-benar dapat menyebabkan kanker? 

Peneliti lain masih meragukan hal tersebut. Mereka masih kebingungan dengan konsep 'minuman bergula' seperti apa yang dianggap dapat memicu kanker.

"Bagaimanapun, asumsi bahwa ada kaitan murni antara asupan minuman manis dengan pertumbuhan kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut," kata Dr Graham Wheeler dari Cancer Research UK seperti mengutip BBC.

Menurutnya, studi tersebut dapat melihat pola tetapi gagal menjelaskan alasan mengapa.

Jadi apakah karena minuman manis atau karena kebiasaan tersebut memancing kebiasaan tak sehat lainnya seperti mengonsumsi makanan tinggi garam dan kalori, yang pada akhirnya, menyebabkan kanker.

Jadi secara gamblang, pendapat bahwa minuman manis dapat menyebabkan kanker masih perlu diteliti lebih lanjut.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Sering Konsumsi Daging Merah Akan Memperpendek Usia?

Sering Konsumsi Daging Merah Akan Memperpendek Usia?

Health | Selasa, 09 Juli 2019 | 10:10 WIB

2 Bulan Penuh Duka Cita, Sutopo dan 3 Tokoh Ini Meninggal Karena Kanker

2 Bulan Penuh Duka Cita, Sutopo dan 3 Tokoh Ini Meninggal Karena Kanker

Health | Minggu, 07 Juli 2019 | 13:27 WIB

Heboh Daun Tanaman Tapak Dara Bisa Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Heboh Daun Tanaman Tapak Dara Bisa Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Health | Jum'at, 05 Juli 2019 | 15:15 WIB

Terkini

Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun

Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun

Health | Sabtu, 13 Juni 2026 | 20:18 WIB

Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya

Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya

Health | Sabtu, 13 Juni 2026 | 10:29 WIB

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 12:50 WIB

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 09:06 WIB

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Health | Kamis, 11 Juni 2026 | 21:51 WIB

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Health | Rabu, 10 Juni 2026 | 17:20 WIB

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 16:57 WIB

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 14:09 WIB

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 11:10 WIB

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 08:05 WIB