alexametrics

Tergores Kulit Udang, Pria Ini Terkena Infeksi dan Meninggal

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Tergores Kulit Udang, Pria Ini Terkena Infeksi dan Meninggal
Ilustrasi lelaki infeksi kulit pada lengan hingga punggung (Freepik/everyonephoto)

Ternyata pria berusia 60 tahun ini terinfeksi bakteri mematikan yang berasal dari kulit udang itu sendiri.

Suara.com - Saat memasak, tentu kita harus berhati-hati. Terutama jika memasak udang, hewan laut yang kemungkinan mengandung bakteri berbahaya berasal dari air laut.

Seorang pria berusia 60 tahunan bernama Wang dari Hangzhou, China, secara tidak sengaja melukai jari tangannya saat memasak udang dan ia dinyatakan meninggal tiga hari kemudian akibat terinfeksi beberapa bakteri mematikan.

Sebelum meninggal, Wang sempat dilarikan ke rumah sakit lantaran kaki kanannya membengkak dengan memar menutupi kulitnya.

Pemeriksaan lebih lanjut menunjukkan banyak organ yang gagal dan akhirnya Wang dipindahkan ke ICU untuk perawatan lebih lanjut.

Baca Juga: Waspada Penyakit Infeksi di Musim Pancaroba, Ini Cara Mencegahnya

Keluarganya sampai bingung karena Wang tiba-tiba terserang demam dan koma, tetapi mereka tidak tahu penyebab penyakitnya apa.

Dokter pun menanyai keluarganya dan mengetahui tiga hari yang sebelumnya, Wang pergi ke pasar untuk membeli udang. Selama memilih, ia tidak sadar melukai tangannya dengan kulit luar pada udang.

Mereka pun diberitahu sang dokter bahwa Wang terinfeksi bakteri mematikan dari kulit udang yang disebut vibrio vulnificus. Yakni bakteri langka namun mematikan yang memiliki risiko mematikan tinggi.

Ilustrasi udang (Pixabay/agnp)
Ilustrasi udang (Pixabay/agnp)

Melansir World of Buzz, ini adalah bakteri yang sangat ganas dan dapat menyebabkan tiga kondisi, yaitu gastroenteritis akut dengan memakan hewan laut mentah atau kurang matang, infeksi luka necrotising yang masuk melalui kulit terluka atau sepsis invasif yang dapat menyebabkan kematian.

Tim kesehatan pun mengobati Wang dengan mengombinasikan tiga antibiotik, tetapi kondisinya tetap memburuk dengan banyak lesi kulit muncul di kaki kanan. Jaringan ototnya pun secara cepat mengalami nekrosis.

Baca Juga: Infeksi Langka, Cacing Parasit Bersarang di Mata Wanita Ini

Tragisnya, setelah tiga hari dirawat, tubuh Wang menyerah pada infeksi yang menyerangnya dan meninggal.

Komentar