facebook

Efek Samping Virus Corona Covid-19, Pria Ini Alami Kebutaan dan Amputasi

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Efek Samping Virus Corona Covid-19, Pria Ini Alami Kebutaan dan Amputasi
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Seorang pria yang terinfeksi virus corona Covid-19 mengalami kebutaan dan amputasi karena efek samping jangka panjang.

Suara.com - Virus corona Covid-19 bisa menyebabkan efek samping berat yang disebut Covid-19 panjang. Efek samping ini pun turut dirasakan oleh Mal Martin, pria asal Inggris yang terinfeksi virus corona Covid-19.

Sebelumnya, Mal Martin menghabiskan waktu 94 hari menjalani perawatan akibat virus corona Covid-19 di rumah sakit. Selama 61 hari ia membutuhkan perawatan intensif menggunakan ventilator untuk membantu pernapasannya.

Kini, Mal Martin mengungkapkan dirinya mengalami kerusakan permanen pada tubuhnya akibat virus corona Covid-19. Mal Martin mengatakan ginjalnya tidak berfungsi dengan baik dan tangannya telah diamputasi.

"Saya mengalami kerusakan saraf di kaki dan kehilangan penglihatan di mata kanan yang tidak pernah bisa kembali," jelas Mal Martin dikutip dari Express.

Baca Juga: Studi Prancis: Virus Corona Covid-19 3 Kali Lebih Mematikan daripada Flu

Istrinya yang mengurus pun mengatakan kesehatan Mal Martin tidak cukup stabil, terkadang ia terlihat membaik tapi juga seketika memburuk.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Komplikasi virus corona Covid-19.

Virus corona Covid-19 adalah penyakit menular yang bisa menyebabkan efek jangka panjang. Tapi, penelitian sebelumnya tentang virus corona menunjukkan bahwa virus itu bisa melukai banyak organ dan menyebabkan beberapa gejala mengejutkan.

Orang dengan infeksi virus corona Covid-19 lebih parah mungkin mengalami kerusakan jangka panjang yang tidak hanya paru-paru, tetapi juga jantung, sistem kekebalan, otak dan anggota tubuh lain.

"Bukti dari wabah virus corona Covid-19 sebelumnya, terutama epidemi sindrom pernapasan akut parah (SARS) menunjukkan bahwa efek ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun," jelas peneliti.

Baca Juga: Seberapa Aman Makan di Restoran selama Pandemi?

Selain kerusakan organ, beberapa orang yang pulih dari virus corona Covid-19 bisa mengalami sistem kekebalan lemah. Mereka juga berisiko mengalami komplikasi permanen akibat virus ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar