Benarkah Makanan Tertentu Tingkatkan Risiko Infeksi Covid-19? Simak Studi Berikut

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Rabu, 18 Agustus 2021 | 12:00 WIB
Benarkah Makanan Tertentu Tingkatkan Risiko Infeksi Covid-19? Simak Studi Berikut
Ilustrasi Covid-19. (Elements Envato)

Suara.com - Selain vaksinasi, pola makan yang sehat juga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Pada akhirnya, hal ini yang kemudian bisa menurunkan risiko infeksi Covid-19

Melansir dari Times of India, makan makanan yang sehat dan bergizi tidak hanya membantu meringankan gejala Covid-19, tetapi juga mengatasi kelelahan pasca sembuh dari Covid-19.

Selain makanan yang Anda konsumsi, tetap terhidrasi dan tidur cukup adalah beberapa pilihan gaya hidup lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi Covid-19.

Sebaliknya, makan makanan yang tidak sehat, minum lebih sedikit air, menjalani kehidupan yang penuh tekanan dapat berkontribusi pada kehidupan yang tidak sehat. 

Kondisi ini dapat menambah risiko kenaikan berat badan yang merupakan faktor risiko lain dari virus corona Covid-19.

Menurut peneliti dari Northwestern University di Chicago, kopi, ASI, dan kale berpotensi mengurangi faktor risiko Covid-19 Anda. Tim ahli menggunakan data UK Biobank untuk mempelajari hubungan antara perilaku pola makan dari 2006 hingga 2010 dan kasus Covid-19 dari Maret hingga November 2020 pada orang yang sama.

Ilustrasi covid-19. (Pexels)
Ilustrasi covid-19. (Pexels)


Studi ini melihat data yang melibatkan 38.000 orang yang telah melakukan tes sendiri di mana 17 persen di antaranya dinyatakan positif terkena virus. Ditemukan bahwa makanan tertentu memengaruhi sistem kekebalan orang yang terlibat dalam penelitian.

Dari banyak makanan yang termasuk dalam penelitian ini, sayuran, ASI dan kopi mengurangi risiko Covid-19 sebesar 10 persen, sedangkan makanan seperti buah-buahan, daging merah dan minum teh tidak membuat perbedaan yang signifikan.

Dalam studi tersebut, ditemukan juga bahwa daging olahan seperti hot dog dan daging deli dikaitkan dengan risiko infeksi yang lebih besar. Menurut para peneliti, bahkan setengah porsi daging olahan setiap hari dapat meningkatkan risiko Covid-19 sebesar 10 persen.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA: 30 Soal Matematika SMP 2026, Lengkap Kunci Jawaban dan Pembahasan
Ikuti Kuisnya ➔
15 Soal Simulasi TWK Paskibraka 2026
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi: 25 Soal UTBK SNBT 2026 dan Kunci Jawabannya
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kepribadian Kamu Mirip Kue Lebaran Apa, Sih?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Love Language 2026: Kenali Bahasa Cintamu agar Hubungan Makin Klik dan Minim Drama!
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: THR Kamu Cocok Buat Beli HP Apa? Cek Rekomendasinya
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Ikuti Arahan Kemenkes, Tes PCR di Lab Ini Kini Makin Ramah di Kantong

Ikuti Arahan Kemenkes, Tes PCR di Lab Ini Kini Makin Ramah di Kantong

Health | Rabu, 18 Agustus 2021 | 10:55 WIB

Koalisi Keadilan: Masih Ada Warga Keluar Biaya Perawatan Covid-19 hingga Ratusan Juta

Koalisi Keadilan: Masih Ada Warga Keluar Biaya Perawatan Covid-19 hingga Ratusan Juta

News | Rabu, 18 Agustus 2021 | 10:44 WIB

Bahaya Konsumsi Vitamin D Berlebihan dan Berita Terpopuler Lainnya

Bahaya Konsumsi Vitamin D Berlebihan dan Berita Terpopuler Lainnya

Health | Rabu, 18 Agustus 2021 | 10:19 WIB

Terkini

Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun

Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun

Health | Sabtu, 13 Juni 2026 | 20:18 WIB

Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya

Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya

Health | Sabtu, 13 Juni 2026 | 10:29 WIB

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 12:50 WIB

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW

Health | Jum'at, 12 Juni 2026 | 09:06 WIB

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia

Health | Kamis, 11 Juni 2026 | 21:51 WIB

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut

Health | Rabu, 10 Juni 2026 | 17:20 WIB

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 16:57 WIB

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 14:09 WIB

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 11:10 WIB

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional

Health | Selasa, 09 Juni 2026 | 08:05 WIB