alexametrics

Peneliti Harvard: Olahraga Dapat Memperpanjang Rentang Hidup Manusia

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Peneliti Harvard: Olahraga Dapat Memperpanjang Rentang Hidup Manusia
Salah seorang warga berolahraga sepeda di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (18/8/2021). [ANTARA/Abdu Faisal]

Tim menekankan bahwa manfaat kesehatan utama dari aktivitas fisik adalah untuk memperpanjang rentang kesehatan manusia.

Suara.com - Rutin olahraga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, termasuk memperpanjang usia. Inilah alasan peneliti dari Harvard menyarankan orang yang sudah tua untuk tetap melakukan rutinitas fisik.

Sekelompok ahli biologi evolusioner dan peneliti biomedis dari salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat itu membuktikannya dalam riset yang terbit di PNAS.

Mereka berhipotesis bahwa manusia berevolusi untuk tetap aktif secara fisik seiring bertambahnya usia, sehingga tubuh dapat mengalokasikan energi untuk proses fisiologis yang memperlambat kerusakan. Ini terjadi seiring bertambahnya usia.

Sebenarnya, riset ini juga menunjukkan bahwa aktivitas fisik membuat stres pada tubuh, menyebabkan kerusakan pada tingkat molekuler, seluler, dan jaringan.

Baca Juga: Orang dengan Paha dan Bokong Besar Justru Lebih Panjang Umur, Kok Bisa?

Tapi, respons tubuh terhadap kerusakan itu pada dasarnya untuk membangun kembali bagian tersebut, sehingga menjadi lebih kuat.

Olahraga
Olahraga (Shutterstock)

Hal itu, melansir Phys Org, dapat menjaga tubuh dari penyakit kronis, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, hingga beberapa jenis kanker.

"Pesan kami adalah seiring bertambahnya usia, tetap aktif secara fisik menjadi hal penting," kata penulis utama makalah Daniel E. Lieberman.

Tim menekankan bahwa manfaat kesehatan utama dari aktivitas fisik adalah untuk memperpanjang rentang kesehatan manusia, yang didefinisikan sebagai tahun-tahun kehidupan yang sehat.

Sementara itu, kurangnya aktivitas fisik pada masa-masa seseorang hidup justru meningkatkan risiko penyakit dan mengurangi umur panjang.

Baca Juga: 5 Jenis Latihan Angkat Beban yang Dapat Membantu Hidup Sehat Hingga Panjang Umur

"Poin kuncinya adalah kita berevolusi untuk aktif sepanjang hidup, tubuh membutuhkan aktivitas fisik untuk menua dengan baik. Di masa lalu, aktivitas fisik harian diperlukan untuk bertahan hidup (bekerja, mencari makan, dll)."

"Sekarang, kita harus selalu membuat pilihan untuk berolahraga, yakni melakukan aktivitas fisik secara sukarela demi kesehatan dan kebugaran tubuh," tandas Lieberman.

Komentar