alexametrics

Kenali Gangguan Ritme Sirkadian: Ketika Jam Biologis Tubuh Berbeda dari Kebanyakan Orang

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Kenali Gangguan Ritme Sirkadian: Ketika Jam Biologis Tubuh Berbeda dari Kebanyakan Orang
Ilustrasi Insomnia (Photo by cottonbro from Pexels)

Ketika siklus tidur-bangun tidak sinkron dengan lingkungan, orang yang mengalaminya berisiko kesulitan tidur, dan kualitas tidurnya buruk.

Suara.com - Sistem tubuh manusia, dari siklus tidur hingga pencernaan, telah diatur oleh ritme sirkadian atau irama sirkadian. Ini juga dapat disebut sebagai 'jam biologis tubuh', yang akan mengikuti siklus matahari, dari terbit hingga terbenam.

Namun, ritme sirkadian juga bisa terganggu. Membuat orang yang mengalaminya memiliki jam biologis tubuh berkebalikan dari orang-orang di sekelilingnya.

Gangguan ritme sirkadian atau circadian rythm disorder merupakan masalah yang terjadi ketika siklus tidur dan bangun seseorang tidak selaras dengan lingkungan dia berada hingga menganggu aktivitas sehari-hari.

Ketika siklus tidur-bangun tidak sinkron dengan lingkungan, orang yang mengalaminya berisiko kesulitan tidur, dan kualitas tidurnya buruk. Pada akhirnya pola tidurnya akan buruk.

Baca Juga: Suplay Air di Batam Gangguan 6 Jam Hari Ini, Berikut Area Terdampak

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) AS, gangguan pada pola tidur bisa bersifat sementara dan disebabkan oleh faktor eksternal, seperti kebiasaan tidur, pekerjaan, atau perjalanan.

Ilustrasi insomnia (pexels.com)
Ilustrasi insomnia (pexels.com)

Gangguan ritme sirkadian juga bisa terjadi dalam jangka panjang, dan disebabkan oleh faktor internal, seperti genetik, usia, atau kondisi medis.

Gejala dari gangguan ini termasuk kantuk parah di siang hari, insomnia, kelelahan, penurunan tingkat kewaspadaan, dan masalah dengan ingatan serta pengambilan keputusan.

Berdasarkan Web MD, gejala lain dari gangguan ritme sirkadian adalah:

  • konsentrasi buruk
  • gangguan kinerja, termasuk keterampilan kognitif yang lebih rendah
  • koordinasi yang buruk
  • sakit kepala
  • masalah perut

Jika Anda mengalami salah satu kondisi di bawah ini, periksakanlah kepada dokter:

Baca Juga: Perkosa Pria Gangguan Mental, Seorang Wanita 55 Tahun Dipenjara Seumur Hidup

  • kurang tidur selama lebih dari satu bulan dan mengalami kesulitan berkonsentrasi, pelupa, kurang motivasi, atau kantuk parah di siang hari
  • sulit tidur
  • terbangun di pagi hari dengan tubuh kelelahan dan tidak segar

Dokter akan menanyakan gejala dan memeriksa riwayat kesehatan, serta melakukan pemeriksaan fisik.

Untuk mendiagnosis gangguan ini, dokter mungkin akan menyarankan tes tidur, menyarankan Anda untuk menulis di buku harian untuk melacak kapan dan berapa lama Anda tidur, dan menguji kadar hormon tertentu dalam darah atau air liur Anda.

Rencana pengobatannya akan tergantung pada jenis dan penyebab gangguan ritme sirkadian Anda, seperti terapi cahaya, konsumsi obat-obatan, atau perubahan gaya hidup.

Komentar