facebook

Sering Timbulkan Bau Tidak Sedap, Kenal Tiga Infeksi Vagina yang Mengganggu

Bimo Aria Fundrika
Sering Timbulkan Bau Tidak Sedap, Kenal Tiga Infeksi Vagina yang Mengganggu
Ilustrasi vagina. (Dok: Shutterstock)

Bakteri dan ragi dapat ditemukan di lingkungan vagina yang khas dan sehat tanpa harus menunjukkan penyakit.

Suara.com - Menjaga kesehatan alat reproduksi bagi perempuan merupakan hal yang penting. Pasalnya, area intim perempuan kerap dihuni oleh berbagai bakteri yang bisa membuat infeksi

Dikutip dari Healthshots, Dr Tanveer Aujla, Konsultan Senior Ahli Obstetri dan Ginekolog, Rumah Sakit Ibu, Noida mengatakan bahwa beberapa infeksi vagina disebabkan oleh penyakit menular seksual. Tetapi yang lain yang cukup umum, tidak.

Untuk alasan yang tidak sepenuhnya jelas, beberapa perempuan tampaknya lebih rentan terhadap infeksi vagina daripada yang lain. Bakteri dan ragi dapat ditemukan di lingkungan vagina yang khas dan sehat tanpa harus menunjukkan penyakit. Namun, beberapa faktor dapat mengubah lingkungan vagina, memungkinkan pertumbuhan bakteri atau ragi yang berlebihan.”

ilustrasi vagina. (Shutterstock)
ilustrasi vagina. (Shutterstock)

Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis infeksi vagina yang mengganggu sebelum beralih ke pengobatan DIY dan meminum pil antibiotik. Banyak gejala seperti bau vagina, sensasi terbakar, dan keputihan yang aneh dapat membantu Anda membedakannya. Berikut ini jenis infeksi vagina yang perlu diketahui:

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Penyebab Omicron Dapat Menghindari Antibodi dan Mudah Menular

1. Infeksi ragi

Ini adalah infeksi yang paling sering terjadi. Hal ini dapat dikenali dari gejalanya seperti gatal pada vagina, sensasi terbakar, iritasi, keputihan dan terkadang peradangan. Ada banyak obat bebas untuk infeksi jamur. Namun, jika gejalanya berlanjut, dapat dimengerti untuk berkonsultasi dengan dokter.

2. Vaginosis bakterial

Menjaga kesehatan vagina yang optimal tidak serumit kedengarannya. Namun, banyak dari Anda yang bersalah karena praktik kebersihan menstruasi yang buruk dan tidak sering mengganti celana dalam Anda. Salah satu kondisi yang sangat umum yang dapat mengganggu Anda karena kebersihan yang buruk adalah infeksi bakteri atau vaginosis bakteri.

Ini adalah kondisi yang menyebabkan peradangan vagina karena pertumbuhan berlebih dari bakteri yang secara alami ditemukan di vagina. Bau amis, sensasi terbakar saat buang air kecil adalah gejala umum dari kondisi ini. Selain itu, Anda berisiko lebih tinggi terkena bakterial vaginosis jika Anda aktif secara seksual, hamil, atau memiliki IUD (alat kontrasepsi dalam rahim).

Baca Juga: Studi Baru Menunjukkan Ada 2 Cara untuk Mendapatkan Kekebalan Super, Apa Saja?

3. Trikomoniasis

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar