facebook

Tata Cara Sholat Dhuha Sesuai Sunnah Rasul Serta Keutamaan yang Mulia

Rifan Aditya
Tata Cara Sholat Dhuha Sesuai Sunnah Rasul Serta Keutamaan yang Mulia
Ilustrasi Sholat - Keutamaan serta Tata Cara Sholat Dhuha Sesuai Sunnah Rasul (Pixabay)

Selain sholat fardhu yang wajib dikerjakan umat muslim terdapat sholat sunnah yang dianjurkan, salah satunya yaitu sholat dhuha. Tata cara sholat dhuha dan doanya pun mudah.

Suara.com - Selain sholat fardhu yang wajib dikerjakan umat muslim terdapat sholat sunnah yang dianjurkan, salah satunya yaitu sholat dhuha. Tata cara sholat dhuha dan doanya pun sangat mudah. 

Sholat dhuha sendiri merupakan sholat sunnah yang dikerjakan setelah terbit matahari hingga sebelum memasuki waktu dzuhur. Apakah tata cara sholat dhuha sama seperti sholat sunnah pada umumnya? 

Berdasarkan perkiraan waktu terbaiknya yaitu mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00.  Tata cara sholat dhuha sama seperti sholat sunnah lainnya, yaitu diawali dengan niat dan diakhiri salam.

Sholat dhuha dikerjakan minimal dua rakaat dan tetdapat perbedaan maksimal rakaat sholat. Ada yang berpendapat maksimal 8 rakaat dan ada juga yang mengatakan maksimal 12 rakaat. 

Baca Juga: Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Lengkap dengan Waktu Terbaik Mengerjakannya

Keutamaan Sholat Dhuha 

Sholat sunnah yang satu ini disebut sebagai bentuk ikhtiar seseorang dalam melancarkan rezeki. Hal ini sesuai dengan hadist yang artinya: 

"Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha) niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya,” (HR.Hakim dan Thabrani). 

Dari hadist tersebut dapat diketahui bahwa sholat dhuha memiliki keutamaan-keutamaan yang tidak dimiliki oleh sholat sunnah lainnya. Berikut ini beberapa keutamaannya: 

1. Sebagai Pesan Rasulullah 

Baca Juga: Bacaan Doa Salat Dhuha Latin Lengkap dan Terjemahannya

Rasulullah SAW semasa hidup tidak pernah meninggalkan amalan sunnah ini. Bahkan hal ini dijelaskan dalam hadist yang artinya: 

Komentar