alexametrics

Memulai Bisnis Kecil-kecilan, Kini Pengusaha Ini Raup Omzet Miliaran Rupiah

Fabiola Febrinastri
Memulai Bisnis Kecil-kecilan, Kini Pengusaha Ini Raup Omzet Miliaran Rupiah
Laksono Prayogi (34), pemuda asal Bandung, yang sukses mengembangkan fashion. (Dok : BRI)

Saat pandemi Covid-19 mulai merebak, Laksono dan istri justru menuai berkah.

Suara.com - Ide untuk memulai usaha bisa datang dari siapapun dan kapanpun. Bahkan, acap kali kehadirannya tidak diduga-duga, datang di waktu yang tidak terbayangkan.

Hal ini diamini Laksono Prayogi (34), pemuda asal Bandung, Jawa Barat, yang sukses mengembangkan usaha produk fashion dan meraih berkah pasar di masa pandemi. Laksono bersama istri mendapat inspirasi untuk membuka usaha produksi piyama wanita dengan merek "CKL Looks", di saat yang unik, yaitu ketika tengah menantikan kelahiran buah hati pertama.

Cerita bermula 3 tahun lalu. Pada medio 2017, ketika tengah menantikan kelahiran anak pertama, Laksono mulai fokus mencari pakaian yang nyaman untuk ibu hamil dan menyusui.

Tak diduga, dari hasil pencariannya tersebut, terbesit ide untuk memanfaatkan kebutuhan sang istri. Dia berpikir, mengapa tidak memanfaatkan kebutuhan tersebut sebagai pijakan untuk mulai berjualan pakaian yang nyaman bagi wanita?

Baca Juga: Asiamoney : Bank BRI Berada di Garis Depan Pemulihan Ekonomi saat Covid-19

“Awalnya, CKL Looks lahir dari kebutuhan ibu menyusui akan busana yang nyaman. Setelah itu, banyak pelanggan yang melirik produk kami,” ujar Laksono ketika dihubungi lewat telepon, Jabar, Jumat (23/10/2020).

Setelah itu, Laksono dan istri pun mulai usaha kecil-kecilan, berjualan pakaian untuk ibu menyusui. Dihadapkan pada munculnya kebutuhan pelanggan yang makin beragam, Laksono mulai menjual produk sandang yang lebih menjangkau kebutuhan para perempuan, yaitu piyama.

Piyama dipilih bukan tanpa alasan. Pelanggan CKL Looks di awal berdiri, banyak yang curhat kesulitan menemukan piyama multifungsi. Mereka ingin memiliki piyama yang bisa dikenakan untuk, tidak hanya tidur, namun juga saat menerima tamu, berbelanja, hingga pergi ke kantor atau bersantai di kala libur.

Alhasil, Laksono dan istri pun membanting setir produksi dan mulai membuat piyama casual untuk wanita. Tak disangka, keputusan mereka mendapat sambutan baik.

Alih-alih kehilangan pelanggan, jumlah pembeli produk mereka justru terus bertambah.

Baca Juga: Bank BRI Catat Pertumbuhan Tertinggi Penjualan SR013

“Karena pembeli makin banyak, akhirnya kami sematkan brand CKL Looks. Nama brand ini terinspirasi anak saya yang bernama Cassandra Keil Laksono,” kata Laksono.

Komentar