facebook

5 Fakta Pesawat Jokowi Berputar 360 Derajat di Langit Turki, Apa Alasannya?

Ruth Meliana Dwi Indriani
5 Fakta Pesawat Jokowi Berputar 360 Derajat di Langit Turki, Apa Alasannya?
Tampilan radar penerbangan pesawat Jokowi yang berputar 360 derajat di langit Turki (Twitter)

Pesawat kepresidenan yang ditunggangi oleh Jokowi sempat berputar 360 derajat di langit Turki sebelum akhirnya lepas landas di Jerman. Apa alasannya?

Suara.com - Publik dibuat terheran-heran akan kejadian pesawat Jokowi berputar 360 derajat di langit Turki saat hendak menuju ke Jerman.

Peristiwa tersebut menjadi perbincangan hangat lantaran pesawat yang memboyong sang presiden tersebut dapat dilihat aktivitasnya secara real-time melalui radar penerbangan.

Lantas, apa alasan dari manuever yang diambil oleh pilot pesawat Jokowi tersebut? Simak jawabannya di daftar fakta berikut.

1. Berawal dari unggahan seorang pengamat penerbangan

Baca Juga: Video Detik-detik Jokowi Dirangkul Joe Biden Banjir Komentar Warganet

Kejadian tersebut menuai atensi dari sosok pengamat penerbangan Gerry Soejatman.

Gerry mengunggah cuitan dirinya terheran-heran mengapa Pesawat Garuda Indonesia berkode GA1 yang membawa Jokowi dan Iriana beserta rombongan sempat berputar 360 derajat di langit Turki.

Ia juga menyertakan tangkapan layar tampilan radar penerbangan yang menunjukkan manuever pilot pesawat tersebut berputar mengelilingi langit Turki.

"Oke, bisakah seseorang memberi tahu saya apa yang terjadi di sini? Ini membawa presiden, hal seperti ini menimbulkan pertanyaan kenapa berputar 360?" cuit Gerry dalam bahasa Inggris melalui akun Twitternya @GerryS pada Minggu (26/6/2022).

2. Gerry menilai bahwa manuever pilot tak lazim lantaran bukan pesawat VIP

Baca Juga: Jadwal Jokowi ke Rusia dan Ukraina, Minta Vladimir Putin Menghentikan Perang

Gerry terheran-heran mengapa pilot bisa mengambil langkah manuever tersebut. Pasalnya, pesawat yang memboyong Jokowi ke tujuannya di Jerman tersebut bukan merupakan pesawat VIP alias pesawat umum.

Komentar